Trikora, Pantai Cantik Tujuan Wisata dan Berdoa

0
23
Pulau Bintan merupakan sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Pulau yang terbesar di Kepri ini berada sangat dekat dengan negara Singapura. Pada zaman dahulu, wilayah ini menjadi persinggahan favorit kapal perdagangan dari Cina dan India.

Tidak hanya itu, lokasinya yang strategis yakni di antara Singapra, Johor Baru, dan Malaysia membuat pulau yang satu ini kaya akan potensi wisata. Salah satu tujuan wisata yang terkenal di Pulau Bintan adalah Pantai Trikora.

Trikora, Pantai Cantik Tujuan Wisata dan Berdoa

Pantai yang satu ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Bagaimanakah keindahan pantai ini? Dan mengapa banyak wisatawan yang berdoa di sana? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut ini ulasan lengkapnya.

Pantai ini terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan. Menurut legenda yang beredar di masyarakat, nama Trikora diambil dari “three corral” yang merupakan sebutan dari wisatawan asing saat berkunjung ke pantai ini. Ada juga yang mengatakan bahwa nama Trikora ini diambil dari salah satu sejarah Indonesia Tri Komando Rakyat. Saat itu, pantai ini merupakan benteng pertahanan terluar Indonesia dalam sebuah isu hangat “Ganyang Malaysia”.

Meskipun perjalanan ke pantai ini cukup melelahkan, namun hal tersebut akan terbayarkan ketika sudah sampai ke pantai ini. Sepanjang perjalanan ke tempat ini, kita akan disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan. Seperti jajaran perkampungan nelayan, lokasi konservasi lamun dan mangrove, serta resor-resor mewah yang cantik.

Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa dengan pasir putih yang lembut serta air yang berwarna biru jernih. Pantai ini cukup dangkal dengan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga pantai ini sangat cocok untuk bermain anak-anak. Namun, mesikpun demikian tetaplah hati-hati karena ketika air pasang arus airnya bisa menjadi cukup kuat.

Baca Juga:
Istri, Lakukan Tujuh Hal Ini untuk Hadapi Suami Pelit

Pantai ini juga banyak dijadikan tujuan untuk berdoa karena di seberang Pantai Trikora, kamu bisa menemukan Gua Santai Maria. Gua ini di bangun oleh para pengungsi Vietnnam yang sedang melindungi diri selama masa perperangan. Di sekitar Gua ini ditumbuhi pepohonan besar dengan dedaunan rindang yang menggantung di mulut gua dan membuatnya semakin terlihat indah. Di dekat gua ini terdapat gereja bagi yang ingin berdoa dengan khusyuk.

Di pantai Trikora terdapat banyak pepohonan yang berjajar di sisi pantai untuk tempat berteduh. Selain kelapa, jenis pohon lain yang tumbuh di sin adalah bakau. Salah satu hal menarik dari pantai ini adalah di tempat ini adal Kelong. Yakni perangkap ikan yang terbuat dari kayu dan digunakan untuk memasang jaring ikan di tengah laut.

Setelah puas menjelajahi Pantai Trikota, jangan lupa untuk singgah ke kawasan Sungai Enam. Itu merupakan lokasi kuliner favorit para wisatawan yang berkunjung kesana. Di tempat ini adalah makanan khas Sungai Enam yang berbahn gonggong yaitu hewan semacam siput yang mempunyai rasa menyerupai cumi-cumi.

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Trikora yang cantik menjadi tujuan wisata dan berdoa. Semoga bisa dijadikan salah satu referensi untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Ingat untuk mengabadikan setiap momen indah di tempat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here