Tiga Hal yang Harus dilakukan Kawula Muda Setiap Hari

0
72
Usia muda dianggap sebagai usia yang paling menyenangkan bagi seseorang. Pada usia ini, banyak orang yang merasa ada kebebasan dalam dirinya untuk melakukan dan mencoba apapun yang diinginkan.

Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat, membuat kawula muda semakin bebas dan mudah melakukan segala sesuatu. Namun, hal ini justru bisa menjerumuskan kawula muda ke dalam kenikmatan dunia dan akhiranya melupakan akhirat. 

Tiga Hal yang Harus dilakukan Kawula Muda Setiap Hari  Tiga Hal yang Harus dilakukan Kawula Muda Setiap Hari 1
Hal tersebut tentu saja bertentangan dengan ajaran agama Islam. Ada baiknya sebagai kawula muda mengerjakan hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupan di dunia dan juga tabungan di akhiratnya. Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh kawula muda setiap hari? Berikut informasi selengkapnya.

1. Membaca Al-Qur’an

Hal penting yag perlu dilakukan setiap hari oleh kawula muda adalah membaca Al-Qur’an. Setiap muslim tentu sudah seharusnya rajin membaca Al-Qur’an dan menjadikannya sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Membaca Al-Qur’an tidak semata-mata karena perintah dari Allah SWT saja. Akan tetapi, membaca Al-Qur’an juga mempunyai keutamaan pahalanya di akhirat kelak.

Namun hal tersebut jarang dilakukan oleh kawula muda pada zaman sekarang. Mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan curhat bersama rekan-rekannya. Bahkan banyak juga yang curhat galau mereka di media sosial.

Padahal membaca Al-Qur’an dengan bersungguh-sungguh setiap hari bisa membuat hati yang galau menjadi tenang kembali. Ketenangan hati tersebut bisa membawa manusia ke dalam kebahagiaan. Selain itu, Al-Qur’an juga merupakan obat dan rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, biasakan diri untuk membaca Al-Qur’an setiap hari.

2. Mengakrabi Kajian Ilmu

Hal kedua yang semestinya dikerjakan oleh kawula muda setiap harinya adalah mengakrabi kajian ilmu. Mengikuti kajian ilmu bisa diperoleh di masjid, mushola ataupun kampus. Sudah selayaknya sebagai kawula muda harus memiliki rasa haus yang tinggi akan masalah mencari ilmu.

Baca Juga:
Ingin Sehat? Pakar Berikan Resolusi di 2016
Mencari ilmu terutama yang berkaitan dengan agama Islam dapat menjauhkan kawula muda dari pengaruh budaya yang tidak sehat, serta pengaruh negatif dari perkembangan zaman dan teknologi. Selain itu, memperbanyak menuntut ilmu juga bisa memperkenalkan kita dengan banyak orang, sehingga memungkinkan terjalinnya silaturahim yang menyelamatkan diri dari pergaulan yang salah

3. Belajar Shirah Nabawiyah

Kegiatan terakhir yang harusnya senantiasa dikerjakan oleh kawula muda adalah shirah nabawiyah. Ada sebuah ungkapan menarik, “Islam memang bersumber dari Qur’an dan Hadits. Tetapi keduanya akan semakin hidup manakala kita juga memahami shirah nabawiyah. Sebab, bagaimana Qur’an dan Hadits itu dimanivestasikan, shirah nabawiyah-lah yang meneladankan.”

Dengan memahami shirah nabawi akan membuat kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Misalnya, kala nabi mendapat cemoohan dari orang lain, apakah beliau membalasnya atau memaafkannya.

Kalau membaca ayat yang memerintahkan kita untuk memaafkan, mungkin hati kita masih belum bisa menerima secara utuh apa untungnya memaafkan kesalahan orang. Tetapi, kalau kita lengkapi dengan mempelajari shirah nabawiyah, insya Allah hati kita akan mantab memilih memaafkan.

Demikianlah informasi terkait tiga kegiatan penting yang harus dilakukan oleh kawula muda setiap harinya. Pada dasarnya, rahasia kesuksesan itu ditentukan oleh keseharian yang dilakukan. Oleh sebab itu, lakukan kebaikan setiap harinya agar memiliki hidup yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here