Ternyata Sering Beristighfar Permudah Dapatkan Jalan Keluar

0
103
Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan. Ditambah lagi bujuk rayu syetan yang mampu menjerumuskan manusia ke lembah nista dan akhirnya mengantarkan ia masuk ke dalam neraka. Hal ini tentu saja menambah masalah dalam kehidupan.

Akan tetapi, meskipun demikian Allah SWT tetap saja menyediakan ampunan-Nya yang tidak terbatas bagi hamba yang mau bertaubat. Sekalipun dosa tersebut telah seluas samudera dan setinggi gunung, Allah tetap saja membuka pintu taubat selebar-lebarnya.

Salah satu cara untuk mendapatkan membuka pintu taubat tersebut adalah dengan banyak beristighfar kepada Allah. Tenyata, ada satu keutamaan lagi yang akan diperoleh apabila gemar beristighfar yakni bisa mempermudah manusia untuk mendapatkan jalan keluar dari segala masalah. Berikut informasi selengkapnya.

Ternyata Sering Beristighfar Permudah Dapatkan Jalan Keluar  Ternyata Sering Beristighfar Permudah Dapatkan Jalan Keluar 1

Istighfar merupakan salah satu amalan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan khilaf yang telah dilakukan selama manusia hidup di dunia. Ampunan Allah tersebut dapat diperoleh apabila istighfar tersebut dilakukan dengan tulus dan ikhlas.

Ternyata selain akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT, dengan bersungguh-sungguh mengucapkan istighfar maka Allah akan mengangkat azab dari dosa yang mereka lakukan. Bahkan, istighfar juga bisa menghapus dosa saat berada di akhirat kelak.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan ‘Aku meminta ampunan kepada Allah, tidak ada tuhan kecuali Dia, yang hidup dan berdiri sendiri, mengatur makhluk-Nya dan aku bertaubat kepada-Nya.’ Maka dosanya akan diampuni meskipun ia pernah melarikan diri dari medang perang.” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi dan Al Hakim).

Orang yang memiliki permasalahan dalam kehidupannya juga bisa menggunakan istighfar sebagai solusi untuk mendapatkan jalan keluar. Bagi mereka yang gemar beristighfar maka hidupnya akan merasa aman, damai, selalu diliputi ketenangan jiwa. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Kenali Empat Kunci Mendapatkan Hidup yang Berkah

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (QS: Huud 3).

Dengan memperbanyak istighfar maka akan bisa menghilangkan kesusahan, gundah gulana dan terbukanya pintu rezeki dari Allah SWT. Sebagaimana yang tertera dalam kitab Riyadhus Shalihin dalam hadits riwayat Abu Dawud dijelaskan, “Barangsiapa yang terbiasa istighfar, Allah akan menjadikan untuknya jalan keluar dari setiap kesempitan dan kesusahannya, dan diberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.”

Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi manusia untuk tidak beristighfar dan bertaubat kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Bahkan Rasulullah SWT yang telah dijamin masuk surga pun tidak pernah alpa untuk beristighfar.

“Aku pernah mendengar Rasulullah Shallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Demi Allah, sesungguhnya aku biasa memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali.” (HR. Bukhori)

“Dan barangsiapa berbuat kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampunan kepada Allah, niscaya dia akan mendapatkan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. An Nisa: 110).

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun (istighfar).” (QS. Al-Anfaal: 33)

Demikianlah informasi mengenai keutamaan istighfar dapat menjadi solusi untuk mendapatkan jalan keluar dari setiap masalah. Istighfar memang suatu perbuatan yang mudah untuk dilakukan, namun masih banyak orang yang tidak mampu mengamalkannya dengan baik.

Baca Juga:
Enam Langkah Atasi Rambut Berminyak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here