Ternyata Inilah Manfaat Menari Bagi Kesehatan Tubuh

0
85
Menari merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Ada yang menjadikannya sebagai hobi, namun banyak juga yang memilih menari sebagai pekerjaan utama mereka.
Menari biasanya dilakukan dengan gerakan indah dan dinamis mengikuti irama musik. Tidak hanya menyenangkan, menggerakan tubuh dengan menari juga menjadi salah satu cara mengekspresikan diri seseorang.
Ternyata Inilah Manfaat Menari Bagi Kesehatan Tubuh  Ternyata Inilah Manfaat Menari Bagi Kesehatan Tubuh 7
Ternyata kebiasaan menari tidak hanya untuk menyalurkan bakat saja, tapi juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Meskipun demikian, masih banyak orang yang tidak menyadari tentang manfaatnya. Lantas apa saja manfaat menari bagi kesehatan? Berikut informasinya.

1.Memperbaiki Koordinasi Tubuh
Manfaat pertama yang akan diperoleh dari menari bagi kesehatan tubuh manusia adalah ternyata kebiasaan ini bisa memperbaiki koordinasi tubuh. menari merupakan gerakan tubuh yang indah yang harus menyelaraskan aktivitas fisik dan psikologi manusia.

Ketika melakukan gerakan tarian tersebut, maka neuron akan mengontrol otot-otot mempengaruhi sendiri, gerakan dan kesimbangan. Selain itu, sistem saraf juga akan mengaktifkan kelompok otot yang kemudian memunculkan berbagai gerakan. Gerakan tangan yang lembut, gerakan mata, hingga kaki semuanya itu merupakan koordinasi dari sistem di otak dengan tubuh kita.

2. Menguatkan Memori Otot

Tidak hanya dapat memperbaiki koordinasi tubuh, ternyata kebiasaan menari juga akan meningkatkan memori otot. Dengan demikian, maka seseoranga bisa melakukan gerakan tarian dengan benar, secara refleks atau tanpa perlu berpikir.

Menurut neuroscientist Daniel Glaser, hal tersebut dapat terjadi karena setiap gerakan tari sudah direkam oleh otak.Dr. Becca Rodriguez dari San Diego Ballet, The Academy of Performing Arts of San Diego, dan San Diego Symphony mengatakan, gerakan menari dapat merangsang sel-sel memori otot, yang disebut sel B.

Baca Juga:
Tujuh Buah-Buahan Ini Bantu Pembentukan Otot

Sel tersebut akan diaktifkan setiap mengulang gerakan saat melakukan gerakan tarian. Oleh karena itu, penari akan otomatis mengingat koreografi dan melakukan tarian untuk mengikuti irama musik.

 3.Meningkatkan Aktivitas Otak Kecil

Manfaat kesehatan selanjutnya yang akan diperoleh dari kegiatan menari adalah mampu meningkatkan aktivitas otak kecil. Hal tersebut dikarenakan menari dapat menyebabkan pergeseran aktivitas di bagian otak besar (cerebrum) yang mengontrol gerakan berpikir, menjadi di otak kecil (cerebellum)–bagian otak yang mengontrol keseimbangan. Hal inilah yang membuat tubuh akan lebih mudah untuk melakukan gerakan. Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Cerebral Cortex, ditemukan gerakan berulang dengan berputar-putar seperti balerina dapat meningkatkan ukuran otak kecil dan mengurangi rasa pusing.

 4.Menghambat Penuaan Otak

Seperti yang diketahui bahwa otak juga bisa mengalami penuaan. Maka dari itu, salah satu manfaat yang akan diperoleh dari menari adalah mampu menghambat penuaan otak tersebut. Gerakan tarian akan membuat konektivitas otak terus mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan sel-sel saraf di dalam otak saling berhubungan dengan baik, selain itu juga disebabkan oleh fungsi otak yang terus terintegrasi dengan gerakan, emosi, dan irama musik.

 5. Mengurangi Risiko Penyakit Otak

Manfaat terakhir yang akan didapatkan dari kebiasaan menari adalah mampu mengurangi penyakit otak dan meningkatkan kekuatan mental pada semua umur. Selain itu, kegiatan menari juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengurangi risiko demensia, seperti Alzheimer atau dikenal penyakit pikun. Menari juga bisa mempertajam ingatan manusia.

Demikianlah informasi terkait lima manfaat yang akan diperoleh dari kegiatan menari. Maka dari itu, jangan pernah malas untuk mulai berlatih menari. Peneliti mempercayai bahwa menari itu dapat menyehatkan otak dan sangat baik dilakukan hingga lanjut usia.

Baca Juga:
Awas, Sering bergosip Bahayakan Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here