Ketahui 10 Perkara Tidak Bermanfaat yang Harus Dihindari

0
63
Setiap orang tentu menginginkan kebahagiaan di dalam hidup mereka. Tidak hanya itu, mereka juga ingin dikenal oleh orang di sekitar dan bermanfaat bagi sesamanya. Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwasanya manusia terbaik adalah mereka yang paling banyak memberikan manfaat.

Oleh karena itu, banyak di antara mereka yang melakukan perkara-perkara agar dianggap bermanfaat dalam masyarakat. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menjadi insan yang berbahagia sekaligus bermanfaat bagi orang lain.

Ketahui 10 Perkara Tidak Bermanfaat yang Harus Dihindari  Ketahui 10 Perkara Tidak Bermanfaat yang Harus Dihindari 6
Justru banyak di antara mereka yang terjebak dalam perkara tidak bermanfaat dalam pencapaian kebahagiaan dan justru mendatangkan kemudharatan baginya dan oranglain. Lantas apa saja perkara tidak bermanfaat yang harus dihindari tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Ilmu yang Tidak Diamalkan

Perkara tidak bermanfaat pertama yang harus dihindari adalah ilmu yang tidak diamalkan. Banyak umat muslim yang mempelajari ilmu agama namun enggan untuk mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja ilmu tentang shalat, ketika seorang muslim mengetahui bahwa shalat adalah perkara wajib yang harus dilaksanakan namun ia tetap saja melalaikannya maka perbuatan ini justru akan mendatangkan dosa baginya.

Sama halnya bagi wanita yang telah mengetahui bahwa menutup aurat adalah perkara wajib, namun tidak mengamalkannya dan masih tetap saja mengumbar auratnya maka termasuklah ilmu tersebut dalam kesia-siaan.

Oleh sebab itu, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita doa yang sangat penting yaitu “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan dari hati yang tidak khusyu’, dan dari jiwa yang tidak pernah puas, dan dari do’a yang tidak terkabul.” (HR Muslim, At-Tirmidzi, dan An-Nasa’i).

Ternyata, tidak hanya dosa yang akan diperoleh orang yang berilmu akan tetapi tidak mengamalkannya. Ternyata ada ancaman dan balasan yang amat pedih bagi mereka saat berada di akhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:
Ternyata Inilah Tiga Manfaat Memiliki Teman yang Baik

 “Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah bersabda: “Pada malam diisra’kan, aku melewati orang-orang yang lidah mereka dipotong dengan alat-alat pemotong dari api neraka. Aku bertanya: Siapakah mereka itu wahai Jibril? Jibril menjawab: “Para khatib ummatmu yang mengatakan apa yang tidak mereka perbuat.” (HR Bukhari & Muslim).

2. Amal yang Dilakukan Dengan Tidak Ikhlas dan Tidak Mengikuti Syari’at Islam

Selain tidak mengamalkan ilmu yang dimiliki ternyata mengamalkan suatu ilmu tanpa dilandasi keikhlasan kepada Allah SWT juga termasuk ke dalam perkara yang tidak bermanfaat. Terlebih lagi apabila amalan yang dilakukan tersebut tidak mengikuti tuntutan dalam syari’at Islam. Maka amalan yang dilakukannya tersebut tidak akan mendatangkan pahala dan kebaikan bagi pelakunya.

3. Harta yang Tidak Diinfakkan

Setiap orang tentu menginginkan kekayaan untuk kehidupannya. Namun, kebanyakan dari mereka yang telah memperolehnya lupa untuk berbagi dengan sesama. Maka harta yang tidak diinfakkan tersebut termasuk ke dalam perkara yang tidak bermanfaat. Seharusnya, sebagai kaum muslim kita menyadari bahwa di dalam harta duniawi ini terdapat hak orang-orang fakir dan miskin serta orang yang pantas mendapatkannya.

4. Hati yang Kosong Dari Kecintaan Kepada Allah

Perkara tidak bermanfaat selanjutnya adalah hati yang kosong dari kecintaan terhadapa Allah SWT. Di dalam hati orang yang seperti ini biasanya tidak pernah terbesit kerinduaan kepada Allah dan tidak ada kenyamanan ketika berada di dekat-Nya. Akibatnya hidup orang tersebut akan jauh dari Allah dan justru dekat dengan kemaksiatan yang membawanya ke lembah neraka. Tentu saja perkara yang demikian ini termasuk ke dalam kesia-siaan.

5. Anggota Badan yang Tidak Dipergunakan Untuk Melakukan Ketaatan Kepada Allah dan Melayani-Nya

Baca Juga:
Tujuh Dampak Buruk Perceraian Terhadap Anak

Perkara tidak bermanfaat yang selanjutnya adalah anggota badan yang tidak dipergunakan untuk melakukan ketaatan kepada Allah dan melayani-Nya. Sudah sepatutnya anggota tubuh kita ini dipergunakan sebaik mungkin untuk beribadah kepada Allah. Akan tetapi, banyak orang yang sombong tidak mau beribadah kepada Allah dan justru merusak tubuhnya dengan hal-hal yang dilarang oleh Allah seperti dengan merokok dan mengonsumsi minuman keras.

6. Cinta yang Tidak Terikat Dengan Keridhaan Allah

Cinta yang tidak terikat dengan keridhaan Allah SWT juga termasuk dalam perkara yang tidak bermanfaat. Maksud dari cinta yang tidak terikat dengan keridhaan Allah ini adalah hubungan antara dua orang yang  bukan mahram seperti berpacaran, perselingkuhan dan sejenisnya.

7. Waktu yang Tidak Dimanfaatkan Untuk Melakukan Sesuatu

Selain itu, ternyata pekara yang tidak dimanfaatkan juga sering terjadi yaitu tidak mempergunakan waktu untuk melakukan sesuatu. Ia justru memilih untuk menghabiskan waktunya untuk mengerjakan perkara yang tidak bermanfaat.

Padahal seharusnya kita bisa memanfaatkan waktu untuk mengerjakan kebaikan demi memperoleh kebajikan dan kedekatan kepada Allah SWT. Dengan demikian maka kita mampy memperbaiki kualitas diri di sisi Allah Ta’ala. Contoh mempergunakan waktu untuk hal yang bermanfaat misalnya bangun untuk shalat tahajjud, membaca Al-Qur’an dan masih banyak amalan kebajikan lainnya yang bisa dilakukan.

8. Pikiran yang Memikirkan Hal-Hal yang Tidak Bermanfaat

Tidak hanya waktu yang sering dilalaikan, ternyata pikiran kita juga bisa menjadi perkara yang tidak bermanfaat apabila dipergunakan untuk memikirkan sesuatu yang tidak bermanfaat pula. Hal yang semacam ini pasti pernah dialami oleh sebagai orang, mereka menghabiskan pikirannya hanya untuk berangan atau berandai-andai. Tanpa ia pernah memikirkan apakah dalam sehari itu sudah diisi dengan ketaatan kepada Allah SWT atau belum. Oleh sebab itu, kita harus menghindari perkara-perkara yang tidak bermanfaat ini dan mulailah memikirkan tentang kebaikan.

9. Melayani Orang yang Tidak Menghasilkan Kebaikan Bagi Diri Sendiri

Baca Juga:
Hindari Lima Hal Perusak Amal Saat Ramadhan

Perkara tidak bermanfaat selanjutnya adalah melayani orang yang tidak menghasilkan kebaikan bagi diri sendiri. Maksudnya adalah kita melayani orang lain namun dengan pelayanan tersebut tidak mendatangkan kebaikan kepada diri dan justru membuat kita semakin jauh dari Allah SWT.

10. Merasa Takut dan Menaruh Harapan Kepada Selain Allah SWT

Banyak orang yang saat ini lebih merasa takut kepada sesama manusia dibandingkan dengan Sang Pencipta-Nya. Tidak hanya itu, mereka juga menaruh harapan kepada selain Allah, pada mereka tahu bahwa hanya Allah-lah yang memiliki kuasa untuk mencegah bahaya atau mendatangkan manfaat kepada hamba-Nya. Sungguh perbuatan yang demikian itu tidak bermanfaat dan justru hanya kesia-siaan belaka.

Demikianlah informasi mengenai 10 perkara tidak bermanfaat yang harus dihindari kaum muslim. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita menjauhi kesepuluh perkara di atas agar mendapatkan kehidupan dunia dan akhirat yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here