Beginilah Seharusnya Akhlak Muslim Sambut Bulan Ramadhan

0
73
Tidak terasa dalam beberapa minggu ke depan bulan Ramadhan akan segera tiba. Sungguh suatu kebahagiaan ketika kita mengetahui bahwa Allah SWT masih berkenan mempertemukan kita dengan bulan suci ini.

Bagaimana tidak? Ada begitu banyak pahala dan berkah yang akan diperoleh ketika bulan Ramadhan. Selain itu, Allah SWT juga akan memberikan limpahan rahmat-Nya kepada hamba yang menjalankan segala perintah Allah pada saat Ramadhan.

 
Beginilah Seharusnya Akhlak Muslim Sambut Bulan Ramadhan  Beginilah Seharusnya Akhlak Muslim Sambut Bulan Ramadhan 7
Oleh karena itu, sebagai kaum muslim kita seharusnya mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Lantas bagaimanakah seharusnya sikap kita dalam menyambut bulan suci nan penuh berkah ini? Berikut informasi selengkapnya.

1. Mengulangi Kembali Pelajaran yang Berkaitan Dengan Puasa

Hal pertama yang harus dilakukan oleh kaum muslimin ketika menyambut datangnya bulan suci Ramadhan adalah dengan mengulangi kembali pelajaran yang berkaitan dengan puasa. Mungkin berpuasa merupakan kegiatan yang senantiasa dilakukan. Namun alangkah lebih baiknya ketika ingin menjalankan ibadah puasa dibulan suci kita dipenuhi dengan pengetahuan, pedoman-pedoman yang baik serta pengalaman yang telah lalu.

Pelajaran mengenai puasa yang bisa diulang  antara lain berkaitan dengan rukun, syarat sah, syarat yang membatalkan, perkara yang sunna dh yang makruh, hingga hikmah yang terkandung di dalam ibadah puasa itu sendiri. Dengan demikian maka ketika Ramadhan telah tiba, kita tidak lupa bagaimana cara menjalankan puasa yang sesuai dengan syari’at agama Islam.

2. Persiapan Rohani

Selain mempelajari kembali segala hal yang berkaitan dengan puasa Ramadhan, ternyata sebagai muslim kita juga harus melakukan segala persiapan salah satunya adalah persiapan rohani. Persiapan tersebut dapat dilakukan dengan cara menenangkan jiwa untuk menghadapi bulan puasa. Bahkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya telah mempersiapakan kedatangan Ramadhan sejak enam bulan sebelum bulan tersebut tiba.

Baca Juga:
Empat Amalan untuk Hilangkan Kesedihan

3. Memperbanyak Doa Sejak Bulan Rajab dan Sya’ban

 Langkah selanjutnya untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan adalah dengan memperbanyak doa sejak bulan Rajab dan Sya’ban. Isi dari doa tersebut adalah meminta kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan, tenaga, kelapangan dan kesempatan untuk mengerjakan puasa serta amalan lainnnya.

Selain itu, kita juga harus berdoa agar Allah SWT memberikan taufik serta hidayah-Nya agar kita berpuasa dengan hati yang ikhlas, jujur, jauh dari perbuatan riya’, ujub dan segala penyakit hati yang dapat menghilangkan pahala dari puasa yang akan dilakukan.

4. Menguatkan Semangat Untuk Melaksanakannya

Akhlak selanjutnya yang harus dilakukan kaum muslim dalam menyambut bulan suci Ramadhan adalah dengan menguatkan semangat untuk melaksanakannya. Menguatkan semangat ini menjadi salah satu bentuk latihan yang sempurna agar kita kelak memperoleh predikat sebagai hamba Allah yang bertakwa.

5. Persiapkan Diri untuk Menjalankan Puasa dengan Perkataan dan Perbuatan

Ternyata ketika menyambut bulan suci Ramadhan kita harus mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa tersebut baik dengan perkataan dan perbuatan. Mungkin ada sebagian orang yang berkata ingin berpuasa, akan tetapi pada kenyataannya ia tidak melaksanakan perkataan tersebut. Oleh sebab itu, kita harus berniat dengan sungguh-sungguh ikhlas semata-mata hanya karena Allah Ta’ala dalam menjalankan puasa.

6. Tinggalkan Kebiasaan-Kebiasan yang Memberatkan dan Merugikan Diri

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah meninggalkan kebiasaan yang memberatkan serta merugikan. Kebiasaan tersebut antara lain berbelanja yang berlebihan, menghabiskan waktu dalam hiburan, serta melakukan perbuatan yang tidak mendatangkan faedah ketika melakukannya. Kebiasaan yang demikian harus dihindari sebab bertentangan dengan hikmah dari puasa.

7. Menyambut Bulan Puasa Dengan Cita-Cita dan Azzam (Tekad) yang Tinggi
Sebagai kaum muslim kita juga harus menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dengan cita-cita dan tekad yang tinggi. Kita harus memperbanyak ibadah kepada Allah, baik yang dilakukan pada siang ataupun malam hari. Hal ini diperlukan untuk melatih diri dan mensucikan jika ketika puasa. Hal ini dapat lakukan dengan melakukan ‘pemanasan, yaitu dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita sejak bulan Rajab dan Sya’ban.

Baca Juga:
Ternyata Lakukan Lima Ibadah Ini dapat Menambah Kecantikan

8. Ucapkan Tahniah Kepada Saudara Seiman

Akhlak terakhir yang harus ditunjukkan kaum muslim ketika menyambut datangnya bulan Ramadhan adalah dengan mengucapkan tahniah kepada saudara seiman.
Diriwayatkan oleh Ahmad dan Nasa’i dari Abi Hurairah Radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah senantiasa menggembirakan para sahabat saat kedatangan bulan Ramadhan. Rasulullah menggembirakan para sahabat dengan sabdanya, ”Sesungguhnya akan datang kepada kamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkati, Allah mewajibkan kamu berpuasa di dalamnya. Pada bulan Ramadhan dibuka pintu-pintu syurga, dikunci semua pintu neraka, dibelenggu semua syaitan. Di malamnya ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa yang tidak memperoleh kebajikan pada malam itu, berartilah diharamkan baginya segala kebaikan untuk dirinya.”

Demikianlah informasi terkait akhlak yang seharusnya ditunjukkan kaum muslim ketika menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Semoga dengan melaksanakannya kita mampu menjalankan ibadah puasa dan amalan lainnya dengan baik dan mendapatkan keridhaan dari Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here