Waspadai Perbuatan yang Buat Setan Tertawa

0
181
Setan merupakan musuh yang nyata bagi umat manusia. Mereka akan selalu menggoda keturunan Nabi Adam agar terjerumus ke dalam neraka. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa menjaga keimanan kepada Allah SWT agar terhindar dari setiap godaan yang diluncurkan setan.

Dengan meningkatkan keimanan, maka kita bisa menghalau datangnya godaan setan. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui bahwa setan memiliki bermacam-macam cara untuk mengikis keimanan seseorang. Namun, tidak semua usaha tersebut dapat berhasil dilaksanakan.

Waspadai Perbuatan yang Buat Setan Tertawa  Waspadai Perbuatan yang Buat Setan Tertawa 16
Ternyata meskipun tidak berhasil menggoda manusia untuk menjerumuskan mereka dalam perbuatan dosa, ada juga hal yang masih bisa membuat setan tertawa. Akan tetapi, perbuatan tersebut sering disepelekan oleh manusia. Perbuatan apakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.

Perbuatan yang membuat setan tertawa adalah menguap. Kebanyakan orang mungkin menyepelekan perkara ini karena dianggap sebagai kebiasaan yang lumrah dilakukan ketika mulai merasa ngantuk. Akan tetapi, pendapat yang demikian ini haruslah diluruskan. Meskipun terlihat sepele, namun menguap apalagi hingga mengeluarkan suara “haah” merupakan perbuatan yang disukai oleh setan.

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda,

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Oleh karena itu bila salah seorang dari kalian bersin lantas dia memuji Allah, maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk ber-tasymit kepadanya (mengucapkan “yarhamukallah”). Adapun menguap, maka dia dari setan, bila seorang menguap hendaklah dia menahan semampunya. Bila seorang menguap sampai keluar ucapan ‘haaah’, setan akan menertawainya.” (HR. Al-Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994)

Maka dari itu, ketika hendak menguap kita harus memahami adabnya terlebih dahulu. Alangkah lebih baik apabila kita menahan semampunya, namun apabila tidak bisa ditahan maka tutuplah mulut dengan tangan. Selain itu, tahanlah agar tidak ada suara keluar saat kita menguap.

Baca Juga:
Beginilah Adab Masuk dan Berada di Kamar Mandi

Sudah diketahui bahwa setan adalah musuh umat Islam, jadi membuat musuh tertawa bahagia karena perbuatan yang kita anggap sepele tentu adalah hal yang terlarang untuk dilakukan. Secara tegas Allah ta’ala berfirman:

“..dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 168)

”Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak pengikutnya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.” (QS. Fathir: 6)

Ibnu Bathol rahimahullah menjelaskan makna hadist di atas. Beliau mengatakan bahwa:

“Penyandaran perbuatan menguap kepada setan maksudnya adalah penisbatan pada keridhoan dan keinginan setan” (dinukil oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, saat mensyarh hadits ini)

Bila menguap itu sendiri sudah termasuk perbuatan yang mengundang ridho setan, lalu bagaimana lagi dengan seorang yang menguap plus dibarengi suara sekuat tenaga ?! Yang secara jelas Nabi shallallahu’alaihi wasallam menegaskan dalam sabda beliau,” Bila seorang menguap sampai keluar ucapan ‘haaah’, setan akan menertawainya.” ?!

Bayangkan, apabila mengeluarkan ucapan “haah” saja sudah membuat setan tertawa.  Bagaimana apabila ucapan tersebut dilontarkan dengan intonasi suara yang lebih kencang dan nadanya lebih panjang. Tentu saja perbuatan yang demikian ini bisa membuat setan bahagia bukan kepalang.

Demikianlah informasi mengenai perbuatan sepele yang bisa membuat setan tertawa. Ternyata perbuatan tersebut adalah menguap dengan mengeluarkan suara. Maka dari itu, ubahlah kebiasaan tersebut agar kita tidak membuat musuh umat muslim tertawa karena perbuatan ini. Selain itu, berusahalah untuk terus melestarikan adab-adab menguap yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here