Ketahui Bahaya Gunakan Botol minuman Plastik Berulang Kali

0
89
Botol minuman plastik menjadi salah satu wadah yang banyak digunakan orang. Hal ini dikaraenak botol minuman plastik lebih praktis dan lebih ringan saat dibawa kemana-mana. Maka dari itu, banyak orang yang memakainya berulang-ulang dengan alasan menghemat tempat.

Biasanya botol minuman plastik digunakan ketika berolahraga, bekal minum saat berangkat ke sekolah atau tempat kerja dan dalam perjalanan. Namun, ternyata di baik kepraktisan tersebut, botol minuman plastik ini menyimpan bahaya apabila digunakan secara berulang kali. 

Ketahui Bahaya Gunakan Botol minuman Plastik Berulang Kali  Ketahui Bahaya Gunakan Botol minuman Plastik Berulang Kali Ketahui 2BBahaya 2BGunakan 2BBotol 2Bminuman 2BPlastik 2BBerulang 2BKali

Hal ini dikarenakan dalam pembuatan botol minuman yang berbahan dasar plastik terdapat berbagai kimia yang ternyata dapat berakibat berbahaya pada tubuh manusia. Lantas apa sajakah bahaya yang akan ditimbulkan dari penggunaan botol minuman plastik secara berulang ini? Berikut informasi selengkapnya.

Memicu komplikasi kehamilan. Bahaya pertama yang akan ditimbulkan dari dari pengunaan botol minuman plastik secara berulang yaitu dapat menimbulkan komplikasi pada kehamilan. Hal ini dikarenakan plastik mengandung bahan berbahaya yang dikenal dengan nama BPA.

Apabila sering terkena bahan tersebut, maka bisa menyebabkan kelainan kromosom yang membuat kemungkinan besar kecacatatan pada kelahiran bayi. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil ada baiknya sebisa mungkin untuk menghindari penggunakan botol minuman yang berbahan dasar plastik terlalu sering.

Pubertas dini. Ternyata dengan terlalu sering menggunakan botol minuman plastik dapat membuat anak mengalami pubertas lebih cepat dibandingkan waktu seharusnya. Hal ini dikarenakan paparan bahan kimia yang terkadung dalam botol minuman tersebut dapat menyebabkan perubahan struktur hormon estrogen.  Lebih bahaya lagi, apabila berlangsung dalam waktu lama, maka dapat meyebabkan kanker prostat atau kanker payudara.

Infeksi. Orang yang sering menggunakan botol minuman berbahan dasar plastik berpotensi untuk terkena infeksi. Pengisian ulang air minum ke dalam botol tersebut akan menyebabkan kesehatan terganggu. Dikarenakan di dalam botol minuman itu tersimpan banyak bakteri yang mengancam kesehatan orang yang menggunakannya.

Baca Juga:
Delapan Rahasia Hubungan Percintaan Menjadi Lebih Bahagia

Penyebab kanker. Dampak paling berbahaya yang dapat ditumbulkan botol minuman yang terbuat dari plastik adalah dapat menyebabkan penyakit kanker. Potensi terkena kanker akan bertambah, terlebih lagi apabila memasukkan air minum hangat ke dalam kemasan tersebut. Hal ini dikarenakan memasukkan air hangat dapat mempertinggi kemungkinan timbulnya senyawa karsinogetik atau zat penyebab kanker untuk masuk ke dalam tubuh.

Berbahaya bagi lingkungan. Tidak hanya berbahaya untuk kesehatan saja, ternyata botol minuman yang berbahan plastik juga berbahaya bagi lingkungan. Hal ini disebabkan plastik adalah salah satu bahan yang sulit diuraikan. Membutuhkan 450 hingga 1.000 tahun untuk mengurai plastik.

Demikianlah informasi terkait bahaya penggunaan botol minuman plastik bagi manusia apabila digunakan berulang kali. Ada baiknya untuk mulai mengurangi menggunakan bahan plastik untuk kebutuhan sehari-hari, terlebih lagi untuk tempat minuman. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here