Sejarah Perkembangan Termos di Dunia

0
294
Siapa yang tidak mengetahui termos? Wadah yang biasanya digunakan untuk menjadi tempat penyimpanan air panas ini menjadi salah satu produk populer di zaman sekarang. Tidak hanya fungsinya yang sangat membantu, namun juga saat ini ada banyak inovasi terhadap produk ini.

Produk yang satu ini banyak digunakan oleh kaum ibu-ibu sebagai wadah penyimpanan air panas untuk membuat susu anak mereka ketika dalam perjalanan jauh. Terlebih lagi saat ini bentuk dari termos yang bisa dimasukkan ke dalam tas. 

Sejarah Perkembangan Termos di Dunia  Sejarah Perkembangan Termos di Dunia termos
Ternyata sebelum berbentuk seperti sekarang ini, termos telah melalui berbagai fase pengembangan dan inovasi dari berbagai pihak. Awal mula perkembangan termos di dunia dimulai pada tahun 1904 silam. Lantas bagaimana sebenarnya sejarah perkembangan termos di dunia? Berikut informasi selengkapnya.

Termos diciptakan oleh seorang Ilmuan di bidang kimia bernama Sir James Dewar. Ia lahir pada pada 20 September 1842. Perjalanan hidup mengantarkan dirinya mendapat gelar Profesor di bidang kimia dari Royal College Veteriner, London.

Setelah ini, pada tahun 1904 Dewar melakukan penelitian  bersama temannya John Fleming mengenai daya tahan elektris pada suhu -200 dan 200 derajat celcius. Kala itu, kedua peneliti tersebut memprediksi daya tahan itu akan hilang pada -273,15 derajat celcius. Teori ini kemudian dikenal dengan teori superkonduktivitas.

Ketika itu mereka menggunakan tabung hampa udara untuk menggantikan benjana yang masih menggunakan kaca. Ternyata dari penelitian ini, James menemukan bahwa benda tersebut bisa mempertahankan suhu panas atau dingin dan tidak terpengaruh suhu di luar tabung.

Pada tahun yang sama, hasil ciptaan yang berupa botol kaca yang terbungkus baja di bagian luar milik Sir James Dawer tersebut diproduksi secara komersial oleh perusahaan Thermos GmbH. Pada tahun 1907-1910, termos mulai dipopulerkan dan dipasarkan keseluruh dunia.

Baca Juga:
Lakukan Tiga Amalan Ini untuk Peroleh Kebahagiaan Hidup

Pekembangan termos semakin pesat dari tahun ke tahun. Hal ini terbukti pada tahun 1911, perusahaan Thermos membuat terobosan teknologi dengan memproduksi pembuat kaca filler. Ditambahkan lagi pada tahun 1978 untuk pertama kalinya di dunia, Thermos menciptakan botol hamba udara yang terbuat dari baja anti karat (stainless steel).

Inovasi demi inovasi senantiasa mereka hadirkan dalam setiap peluncuran produk Thermos ini. Hal tersebut terbukti pada tahun 1982, Thermos berinovasi dengan meluncurkan shuttle mini yang menjadi pertama dan satu-satunya mengeluarkan produk hampa udara. Produk shuttle mini ini didesain khusus untuk bayi dan anak-anak yang mudah dibawa kemana saja.

Perusahaan Thermos selalu mengembangkan usahanya tidak hanya bertumpu pada satu negara saja. Melainkan mereka juga melirik pasar di luar negeri. Hal ini terbukti pada tahun 1989, Thermos mendirikan pabrik di Malaysia dengan nama Top Thermos Mfg (Malaysia) Sdn.Bhd.

Di sinilah mereka memperkenalkan produk tempat masak tahan panas dengan seri Shuttle Chef. Selanjutnya, juga mengembangkan bisnis ke China yang tentu saja diterima baik oleh masyarakat di sana. Lalu sampai masuk ke Indonesia dan banyak digunakan masyarakat sebagai tempat penyimpanan air panas.

Demikianlah informasi mengenai sejarah perkembangan termos di dunia. Hal ini membuktikan bahwa produk dari perusahaan Thermos menjadi salah satu produk unggulan yang senantiasa melakukan inovasi untuk mengembangkan bisnis mereka dikancah internasional. Maka tidak heran apabila hingga saat ini termos menjadi salah satu barang yang harus ada di rumah kita karena memiliki manfaat untuk  penyimpanan air panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here