Tips Kelola THR Agar Tidak Boros

0
111
Tidak terasa bulan Ramadan akan berakhir dalam beberapa hari lagi. Itu artinya tidak lama lagi kita akan berjumpa dengan Idul Fitri. Tidak hanya momen silaturahmi yang dinantikan, akan tetapi ada juga hal yang ditunggu-tunggu saat hari Idul Fitri tiba yaitu Tunjangan Hari Raya (THR).

Biasanya THR ini akan diperoleh dari perusahaan tempat bekerja secara cuma-cuma dalam jumlah yang cukup besar. Banyak orang yang menggunakan THR untuk keperluan menjelang lebaran. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menggunakan THR dengan bijak.

Tips Kelola THR Agar Tidak Boros  Tips Kelola THR Agar Tidak Boros 1
Banyak di antara mereka yang berfoya-foya dan boros menggunakan uang THR. Hingga membuat uang tersebut habis sebelum hari raya tiba. Padahal sebenarnya kita harus hemat dan lebih bijak dalam menggunakanya. Bagaimana caranya? Berikut ini tips untuk kelola THR agar tidak boros.

1. Buatlah Rencana Pengeluaran untuk Hari Raya

Tips pertama agar mampu mengelola THR agar tidak boros adalah dengan membuat sebuah rencana pengeluaran untuk hari raya. Caranya adalah dengan menyusun daftar belanja berdasarkan skala prioritas yang diperlukan.

Jangan menghamburkan uang THR untuk hal-hal yang sebenarnya hanya memenuhi keinginan saja padahal sebenarnya tidak diperlukan. Meskipun ada diskon besar-besaran di pusat perbelanjaan, hindarilah untuk belanja yang berlebihan.

2. Gunakan THR untuk Lunasi Kewajiban

Banyak orang yang tentu pernah berhutang selama uang THR nya belum dikeluarkan oleh perusahaan. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya ketika uang tersebut sudah diterima prioritaskan untuk terlebih dahulu melunasi hutang tersebut. Tujuannya adalah agar suasana lebaran menjadi lebih nyaman karena kita tidak lagi dihantui dengan hutang yang menumpuk.

3. Sisihkan 50% dari THR untuk Persiapan Setelah Hari Raya

Tips selanjutnya agar tidak boros dalam mengeola uang THR adalah dengan menyisihkan sedikitnya 50% dari THR tersebut untuk persiapan setelah hari raya. Kita tentu menyadari bahwa masih banyak kebutuhan setelah lebaran yang harus dipenuhi.

Baca Juga:
Inilah 4 Istilah Medis yang Sering buat Salah Kaprah

Apabila uang THR sudah habis ketika lebaran, maka kemungkinan besar kita akan sulit untuk mengelola keuangan setelahnya. Maka dari itu, alangkah lebih baik apabila 50% dari uang THR yang cukup banyak tersebut disimpan ataupun diinvestasikan dalam bentuk pembelian emas ataupun disimpan ke Bank.

4. Diskusi dengan Pasangan

Ketika seseorang sudah berumahtangga, maka wajib bagi mereka untuk berdiskusi dengan pasangan masalah pengeluaran sebelum, selama dan sesudah hari raya. Tujuannya adalah agar ada solusi dan masukan dari pasangan masing-masing dalam mengelola keuangan tersebut agar tidak boros.

5. Berhematlah Selama Bulan Ramadan

Seperti yang diketahui, biasanya THR akan keluar sebelum hari raya tiba. Itu artinya masih dalam suasana bulan Ramadan. Maka berhematlah selama bulan Ramadan dan usahakan tidak mengganggu gugat uang THR agar tetap utuh hingga menjelang Idul Fitri.

Demikianlah informasi mengenai tips kelola THR agar tidak boros. Penting bagi kita untuk berhemat dalam situasi apapun, terlebih lagi menjelang dan setelah Idul Fitri. Pasalnya akan banyak sekali pengeluaran dalam waktu-waktu tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here