Beranda Fakta Lima Larangan Setelah Berolahraga yang Sering Diabaikan

Lima Larangan Setelah Berolahraga yang Sering Diabaikan

0
79
Berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang kerap dilakukan seseorang. Tidak hanya menyehatkan, kebiasaan ini juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh bahkan bisa membuat orang tersebut memiliki umur yang lebih panjang.

Akan tetapi, tidak semua orang mau melakukan olaharag secara rutin dengan alasan sibuk dan tidak ada waktu. Namun, banyak juga yang menyempatkan diri untuk melaksanakan olaharaga setiap harinya.

Lima Larangan Setelah Berolahraga yang Sering Diabaikan 1

Ternyata, olaharaga tidak akan menghasilkan suatu yang maksimal jika kita tidak mengikuti aturan yang ada. Salah satunya dengan melakukan hal yang dilarang setelah berolahraga. Lantas apa sajakah hal yang dilarang itu? Berikut informasinya.

Seorang pelatih di New York Health and Racquet Club mengungkapkan lima hal yang dilarang untuk dilakukan setelah melakukan kegiatan berolahraga. Di antaranya:

1. Sedikit Minum

Ketika berolahraga tentu kita juga menghabiskan banyak cairan tubuh. Maka dari itu, kita membutuhkan banyak konsumsi air putih agar cairan tubuh tersebut kembali. Ketika setelah berolahraga dan kita mengabaikan anjuran untuk memperbanyak konsumsi air putih, maka hal ini akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Air putih juga berfungsi untuk pemulihan anggota tubuh yang digunakan untuk berolahraga.

2. Konsumsi Makanan Berlemak

Hal kedua yang dilarang ketika untuk dilakukan oleh orang yang selesai berolahraga adalah mengonsumsi makanan berlemak. Hal tersebut disebabkan karena lemak itu dapat memperlambar proses pencernaan.

Maka dari itu, apabila selesai berolahraga ada banyaknya mengonsumsi makanan yang bernutrisi yang lebih cepat bekerja dan yang mampu memasuki aliran darah dan masuk ke dalam sel dengan cepat.

Itu berarti orang yang setelah melakukan aktivitas olaharga itu harus memberikan bahan bakar dengan protein dan karbohidrat berkualitas untuk memberi makan otot-otot yang digunakan saat berolahraga.

Baca Juga:
Inilah Hukum Memakai Sepatu Hak Tinggi Bagi Muslimah

3. Melupakan Peregangan
Hal selanjutnya yang dilarang setelah berolahraga adalah melupakan perengangan. Mungkin kebanyakan orang hanya ingat melakukan pemanas sebelum berolahraga. Akan tetapi, banyak yang lupa untuk peregangan setelah melakukan aktivitas tersebut.

Selain lupa, banyak lagi alasan orang tidak melakukan peregangan setelah berolahraga yaitu malas dan terburu-buru karena ada sesuatu yang ingin dilakukan lainnya.

Padahal tubuh yang sudah melakukan olahraga dalam kurun waktu yang cukup lama itu sangat membutuhkan peregangan paling tidak 10 detik saja. Apabila kita mengabaikan hal ini maka dapat menyebabkanlimitasi jangkauan gerakan yang membuat tubuh kita rentan terkena cedera.

4. Duduk Terlalu Lama

Hal selanjutnya yang tidak boleh dilakukan setelah berolahraga adalah duduk terlalu lama. Biasanya, olaharaga dilakukan pada pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Lalu saat tiba di kantor kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk.

Ketika kita melakukan hal tersebut, maka lama-kelamaan tubuh akan terasa kencang. Maka dari itu, sangat penting untuk perbanyak bergerak dari pada duduk setelah berolahraga.

5. Mengabaikan Waktu Tidur

Hal terakhir yang dilarang dilakukan setelah berolahraga adalah mengabaikan waktu tidur. Mungkin banyak orang yang merasa dirinya sudah sehat karena rajin berolahraga dan mengabaikan hal lainnya seperti tidur sesuai porsi.

Padahal setelah berolahraga pun kita perlu untuk beristirahat. Hal tersebut berfungsi agar dapat memulihkan diri setelah selesai berolahraga agar otot-otot yang berlatih keras tersebut dapat pulih kembali keesokan harinya.

Demikianlah informasi mengenai lima larangan yang tidak boleh dilakukan setelah berolahraga. Jangan merasa bahwa setelah berolahraga tubuh kita akan langsung sehat, namun kita juga harus memperhatikan apa yang harus dilakukan setelahnya agar olahraga yang telah dilakukan tersebut tidak sia-sia.

Baca Juga:
Lima Hal Ini Pasti Pernah dilakukan Waktu Kecil

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here