Beranda Fakta Cegah Kanker Usus Besar dengan Delapan Jenis Makanan Ini

Cegah Kanker Usus Besar dengan Delapan Jenis Makanan Ini

0
129

Kanker usus besar menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Pasalnya, kanker jenis ini bisa menyerang siapa saja dan dari segala usia. Namun, meskipun begitu 90 persen dari penderitanya berusia di atas 60 tahun.

Biasanya, orang yang mengidap kanker usus besar ini ditandai dengan darah pada tinja, amenia, kelelahan pernurunan berat badan, masalah buang air besar dan masih banyak lagi.

Cegah Kanker Usus Besar dengan Delapan Jenis Makanan Ini 3

Maka dari itu, sebelum kanker usus besar menyerang kita harus terlebih dahulu mencegahnya. Ternyata, ada cara agar dapat terhindar dari kanker usus besar yakni dengan mengkonsumsi delapan makanan. Makanan apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya. 

1. Kacang Polong dan Makanan yang Tinggi Folat

Makanan pertama yang ternyata bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker usus besar adalah kacang polong dan makanan lainnya yang tinggi akan folat. Makanan yang mengandung folat yaitu jenis vitamin B dapat melindungi sel DNA dari kerusakan.

Sebuah studi dari Harvard University mengungkapkan bahwa hampir 89.000 wanita memiliki resiko terhadap kanker usus besar. Namun, bagi mereka yang mengkonsumsi 200 mikrogram folat perhari bisa menurunakan resiko tersebut lebih dari 54 persen.

Selain kacang polong, folat juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buncis dan bayam dan satu buah jeruk ukuran sedang. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan folat dengan mengkonsumsi sayuran hijau gelap, kacang merah dan kacang hitam.

2. Susu

Susu menjadi salah satu bahan makanan yang bisa mencegah untuk terjadinya kanker usus besar. Berdasarkan data, lebih dari setengah juta orang menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi susu minimal satu gelas sehari dapat menurunkan 15 persen resiko terhadap usus besar.

3. Sayuran

Baca Juga:
Ternyata, Sosial Media Dapat Rusak Diet!

Selain susu, makanan lainnya untuk mencegah kanker usus besar adalah sayuran. Adapun sayuran tersebut di antaranya seperti brokoli, kembang kol, kubis, kangkung, dan lobak. Sayuran-sayuran tersebut mengandung berbagai senyawa yang dapat menjinakkan zat penyebab kanker sebelum zat tersebut menyebabkan kerusakan sel DNA.

4. Makanan yang Tinggi Serat

Makanan selanjutnya yang dapat mencegah kanker usus besar adalah makanan yang mengandung banyak serat. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi minilam 15 gram serat setiap harinya.

Serat ini juga berfungsi untuk mengontrol kecepatan makanan ketika melewati sistem pencernaan dan menjaga kesehatan dari usus besar tersebut. Kandungan serat tersebut dapat diperoleh dari buah-buahan,biji-bijian dan kacang-kacangan.

5. Kunyit

Kunyit menjadi salah satu bahan makanan yang ternyata dapat mencegah perkembangan sel kanker usus besar. Pigmen kuning alami yang ada id dalam kunyit atau disebut curcumin dianggap sebagai obat anti kanker yang terbukti ampuh.

Curcumin tersebut bersifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan yang berkontribusi terhadap pertumbuhan tumor. Selain itu, kunyit juga membantu mengeluarkan karsinogen dalam tubuh sebelum mersak DNA. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menambahkan kunyit ke dalam makanan anda.

6. Ikan dan Ayam

Tidak hanya sayuran, ternyata kita juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar dengan mengkonsumsi ikan dan ayam. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan EPIC, dengan mengkonsumsi 300 gram atau 10 ons ikan dapat menurunkan resiko kanker usus besar sebanyak 30 persen.

7. Bawang Merah dan Bawang Putih

Jenis bawang-bawangan juga bisa dijadikan salah satu makanan yang dapat mencegah sel kanker usus besar. Bawang merah dan putih mengandung sulfida yang dapat membantu dalam membersihkan karsinogen dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker tersebut karena ada sifat antioksidannya.

8. Teh Hitam dan Teh Hijau

Baca Juga:
Inilah Dua Alasan Mengapa Konsumsi Lele itu Bisa Berbahaya

Terakhir, untuk mencegah perkembangan sel kanker usus besar tersebut kita dapat mengkonsumsi teh hitam dan teh hijau. Sebuah penelitian di laboratorium menunjukkan jika di dalam teh tersebut terdapat senyawa yang membantu menonaktifkan agen penyebab kanker. Senyawa ini jugalah yang membantu untuk menghalangi pertumbuhan sel kanker.

Demikianlah informasi mengenai 8 makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah kanker usus besar. Selain itu, agar terhindar dari penyakit yang satu ini kita juga harus menjaga pola makan, pola hidup dan rajinlah berolahraga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here