Lima Kebiasaan Pagi Ini Bisa Buat Berat Badan Naik

0
74
Setiap orang tentu memiliki kebiasaan yang berbeda setiap paginya. Ada yang berolahraga, bermalas-malasan di tempat tidur ataupun berselancar ke dunia maya. Hal tersebut kerap dilakukan untuk mengawali aktivitas di pagi hari. 

Namun ternyata, ada beberapa aktivitas di pagi hari yang justru dapat menyebabkan timbangan berat badan naik. Tentu saja hal ini menjadi momok tersendiri, terlebih lagi bagi orang-orang yang ingin memiliki berat ideal.
Lima Kebiasaan Pagi Ini Bisa Buat Berat Badan Naik 2

Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka hal pertama yang harus diketahui apa saja kebiasaan yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Ternyata ada lima kebiasaan yang bisa membuat berat badan naik. Apa sajakah itu? Berikut informasi selengkapnya.

1. Tidur Terlalu Lama

Kebiasaan pertama yang ternyata dapat menyebabkan berat badan pada pagi hari yaitu tidur terlalu lama. Tidak hanya kurang tidur, ternyata kebiasaan tidur terlalu lama juga memiliki dampak yang kurang baik. Salah satunya yaitu dapat menyebabkan berat badan meningkat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur lebih dari 10 jam setiap malamnya akan mengingkatkan risiko dirinya untuk mengalami kegemukan. Maka dari itu, biasakanlah hanya tidur 8 jam sehari agar berat badan tetap terjaga.

2. Kamar Kurang Sinar Matahari

Ternyata kamar yang kurang disinari oleh matahari itu memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang terpapar sinar matahari pagi setelah mereka bangun tidur itu memiliki tingkat keberhasilan menurunkan berat badan yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari tersebut membuat tubuh kita dapat menyesuaikan jam biologis, termasuk juga metabolisme tubuh.

3. Membereskan Tempat Tidur

Kebiasaan selanjutnya yang bisa membuat berat badan bertambah yaitu membereskan tempat tidur. Mungkin banyak orang yang heran mengapa kebiasaan ini justru bisa menyebabkan berat badan naik.

Baca Juga:
Delapan Cara Mudah Cegah Radang Gusi

Ternyata kebiasaan hidup aktig dimulai dengan membereskan tempat tidur itu dapat berpengaruh pada aktivitas lainnya sepanjang hari. Menurut sebuah survei, orang yang rutin membereskan tempat tidur setiap paginya cenderung punya kebiasaan sehat seperti menyiapkan sarapan sehat.

4. Tidak Menimbang Badan


Tidak menimbang berat badan juga menjadi salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan berat badan naik. Ada baiknya untuk mengecek berat badan sesudah mandi dan sebelum berpakaian.

Hal tersebut dikarenakan, di waktu pagi menjadi saat yang tepat untuk menimbang berat badan karena bobot tubuh paling rendah. Dengan demikian, maka hasilnya akan lebih akurat dan kita juga dapat menyesuaikan dengan pola makan dan aktivitas yang akan dikerjakan hari itu.

5. Melewatkan Sarapan

Kebiasaan pagi terakhir yang dapat membuat berat badan naik adalah melewatkan sarapan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang rutin sarapan dengan menu sehat sebesar 600 kalori cenderung tidak lapar sepanjang hari. Berbeda dengan mereka yang melewatkan sarapan, mereka akan merasa lapar sepanjang hari dan itu membuat berat badan mereka meningkat.

Demikianlah informasi mengenai lima kebiasaan pagi yang bisa membuat berat badan bertambah. Maka dari itu, jika ingin tetap memiliki berat badan yang ideal mulailah untuk mengatur pola hidup dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here