Atasi Pertengkaran Rumah Tangga dengan Cara Ini

0
93
Pertengkaran rumah tangga menjadi hal yang kerap terjadi dalam sebuah hubungan. Ada begitu banyak hal yang dapat menyebabkan pertengkaran tersebut terjadi. Misalnya saja karena faktor keuangan, ketidaksepahaman serta banyak hal lainnya.

Meskipun demikian, sudah seharusnya pasangan suami istri mampu mengatasi segala permasalahan yang mendera hubungan mereka untuk menghindari pertengkaran. Apabila pertengkaran dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan terjadinya ketidakharmonisan dalam rumah tangga.

Atasi Pertengkaran Rumah Tangga dengan Cara Ini 2

Hal ini tentu saja menjadi pemicu pasangan menggugat cerai atau memutuskan saling meninggalkan satu sama lain. Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dalam mengatasi pertengkaran rumah tangga. Bagaimanakah caranya? Berikut informasi selengkapnya.

1. Bicara Dengan Kata “Aku”

Saran pertama dimulai dari tata bahasa yang digunakan saat pertengkaran itu terjadi. Hindari kata-kata yang menyudutkan pasangan seperti “kamu yang salah”, “kenapa kamu melakukan itu” dan lain sebagainya.

Alangkah lebih baik jika mengatakan hal yang seperti ini “aku harap kamu tidak melakukan hal tersebut”, atau “aku pikir sebaiknya kamu melakukan ini”. Dengan demikian akan membuat suasana yang tadinya memanas menjadi sedikit dingin.

2. Bayangkan Dirimu Menjadi Dia

Cara yang kedua yakni memposisikan diri sebagai pasangan kita. Ketika kita memposisikan diri seperti itu, maka kita akan memahami bagaimana perasaannya.

3. Berdiskusilah Jika ada Masalah

Langkah selanjutnya untuk mengatasi pertengkaran rumah tangga ialah dengan senantiasa berdiskusi. Diskusi tidak hanya dilakukan ketika ada hal yang ingin dibeli saja, namun lebih dari itu diskusi juga harus kerap dilakukan terlebih ketika keluarga kita mengalami sebuah permasalahan.

Jangan pernah membiarkan masalah bertumpuk-tumpuk dan akhirnya meledak. Akibatnya pertengkaran hebat tentu bisa saja menghantui. Maka dari itu, jika ada konflik ataupun masalah ada baik untuk melakukan diskusi.

Baca Juga:
Tiga Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Kepada Anak

4. Prioritaskan Kebutuhan

Pertengkaran kerap kali terjadi dikarenakan adanya perbedaan pendapat antara pasangan. Pendapat tersebut biasanya berkaitan dengan kebutuhan. Si satu sisi si wanita ingin membeli barang A sedangkan pria ingin membeli barang B.
Maka dari itu, agar tidak terjadi pertengkaran dikarenakan hal tersebut ada baiknya untuk memilih mana hal yang lebih prioritas dan lebih dibutuhkan untuk si pria ataupun wanita.
nit sebelumnya.”

5. Pilih Waktu Yang Tepat

Pertengkaran kadang memang datang diwaktu yang tidak tepat. Namun kita mungkin tidak bisa menyelesaikan pertengkaran itu di hari yang sama. Maka dari itu, ada baiknya untuk menyelesaikan sebuah permasalahan rumah tangga pada waktu yang tepat.

Jangan ketika pasangan sedang didera perasaan tidak enak hati atau emosi sebab itu dapat memperkeruh suasana. Jika sudah menemukan waktu yang tepat untuk menyelesaikan masalah, maka berundinglah bersama agar masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.

Demikianlah informasi mengenai lima cara untuk menyelesaikan pertengkaran rumah tangga. Sudah seharusnya sepasang suami istri bisa mengontrol diri masing-masing untuk lebih sabar dalam menghadapi sebuah masalah dan agar dapat sebisa mungkin menghindari pertengkaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here