Tujuh Faktor Keretakan Rumah Tangga yang Sering Disepelekan

0
81
Pasangan suami istri memang tidak selamanya akan sepemikiran dan sepemahaman mengenai segala sesuatu yang terjadi di dalam rumah tangganya. Tak ayal hal yang demikian ini bisa menyebabkan perselisihan di antara keduanya. 
Masalah-masalah yang terjadi kadang bisa membuat sebuah hubungan semakin lebih baik. Tapi tidak jarang, permasalahan rumah tangga justru dapat menyebabkan keretakan dalam rumah tangga yang tentu saja tidak diinginkan oleh semua orang.
Tujuh Faktor Keretakan Rumah Tangga yang Sering Disepelekan 1
Keretakan tersebut apabila tidak segera diatasi akan berdampak pada hilangnya keharmonisan keluarga dan berujung perceraian. Ternyata ada begitu banyak penyebab keretakan dalam rumah tangga yang kerap disepelekan oleh pasangan. Apa sajakah itu? Berikut informasinya. 

1. Menjelekkan Pasangan Sendiri
Perbuatan pertama yang ternyata dapat menyebabkan retaknya sebuah hubungan rumah tangga bermula dari kebiasaan menjelekkan pasangan sendiri. Kerap kali tanpa kita sadari sering melontarkan celaan kepada pasangan. 
Entah itu dalam bentuk bercanda ataupun celaan sesungguhnya yang membuat sakit hati si pasangan tersebut. Biasanya bisa terjadi ketika suami mencela rasa dari masakan istri atau gaya berpakaian si istri dan sebaliknya. 
Perlu diketahui, bahwasanya tidak ada satupun orang yang suka dicela atau dijelek-jelekkan termasuk pasangan sendiri. Terlebih lagi dikarenakan perbuatan yang demikian ini juga tidak disukai oleh Allah SWT. Allah Ta’ala berfirman:
“Allah tidaklah menyukai ucapan buruk yang diucapkan dengan terus terang, kecuali oleh orang yang didzalimi,” (Q.S. An Nisa ayat 148).
2. Mengadu Segala Permasalahan Kepada Orangtua
Permasalahan yang sedang dialami oleh pasangan suami istri alangkah lebih baiknya apabila diselesaikan oleh dua orang itu saja. Akan tetapi, pemikiran yang demikian ini belum tentu dimiliki oleh semua orang. 
Masih saja ada di antara kita yang mengadu kepada orangtua ketika terjadi perselisihan dalam sebuah hubungan. Padahal sebenarnya, perbuatan yang demikian ini akan membuat rumah tangga menjadi tidak harmonis karena adanya ikut campur dari salah satu keluarga. 
3. Banyak Menyimpan Rahasia Dari Pasangan
Perbuatan selanjutnya yang ternyata juga dapat menyebabkan keretakan dalam sebuah hubungan rumah tangga yaitu menyimpan rahasia dari pasangan. Pada dasarnya, ketika menjalani sebuah hubungan kita harus terbuka satu sama lain. 
Ketika ada rahasia yang disimpan, maka hal ini dapat menimbulkan kecurigaan bagi pasangan. Dari kecurigaan tersebut muncul rasa saling tidak percata satu sama lain dan akan berakibat timbulnya pertengkaran hebat dikemudian hari. Oleh sebab itu, berusahalah sebisa mungkin untuk jujur terhadap pasangan.
4. Gengsi Memulai Permintaan Maaf
Setiap orang tentu memiliki tingkat gengsi yang berbeda, tanpa terkecuali pasangan suami istri. Salah satu bentuk gengsi yang kerap terjadi ialah untuk meminta maaf. Biasanya ketika terjadi sebuah permasalahan dalam rumah tangga, jarang sekali salah satu pihak berinisiatif untuk meminta maaf dengan alasan merasa gengsi. 
Hingga pada akhirnya permasalahan yang ada semakin berlarut-larut dan justru menimbulkan perpecahan. Hal yang demikian ini seharusnya sebisa mungkin untuk dihindari, maka mulailah untuk bersikap lapang dada dan berani untuk melayangkan permohonan maaf kepada pasangannya.
5. Kurang Peka Terhadap Pasangan
Perasaan kurang peka terhadap pasangan ternyata juga dapat menimbulkan keretakan dalam rumah tangga. Tidak hanya dipihak suami, seorang istri juga kerap tidak peka terhadap perasaan suaminya. Entah itu marah-marah ketika suaminya baru pulang dari tempat kerja atau hal yang lainnya. Maka dari itu, mulailah untuk belajar membaca situasi yang terjadi di rumah agar pasangan merasa lebih diperhatikan. 
6.  Malas Membaca Al-Qur’an
Perbuatan selanjutnya yang juga dapat menyebabkan keretakan dalam rumah tangga ialah pasangan yang malas membaca Al-Qur’an. Seperti yang kita pahami bahwasanya kita harus senantiasa memprioritaskan ibadah kepada Allah SWT. 
Maka dari itu, sesibuk apapun mencari nafkah usahakanlah untuk tetapi mengikuti majelis ilmu. Jangan pernah meninggalkan sholat dan rajinlah membaca Al-Qur’an. Sebab asupan rohani yang demikian akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dalam menghadapi permasalahan hidup termasuk rumah tangga. 
7. Gemar Melakukan Perbuatan Dosa
Penyebab keretakan rumah tangga yang terakhir ternyata dikarenakan salah satu pasangan atau keduanya gemar melakukan perbuatan dosa. Dosa yang pernah dilakukan selama hidup tentu akan diberi hukuman oleh Allah SWT. Baik saat orang tersebut masih di dunia atau di akhirat nantinya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan masalah dalam rumah tangga. Oleh sebab itu, segeralah bertaubat kepada Allah agar rumah tangga menjadi kembali harmonis dan berbahagia. 
Demikianlah informasi mengenai tujuh penyebab keretakan dalam rumah tangga. Sudah seharusnya sebagai pasangan suami istri untuk saling memahami satu sama lain dan mengingatkan dalam hal kebaikan agar rumah tangga yang dijalani mendapat keberkahan dari Allah SWT. 
Baca Juga:
Waspadai Lima Macam Penyakit Hati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here