Manfaat Tidak Terduga di Balik Rutin Tidur Siang Selama Satu Jam

0
127
Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia. Dengan tidur, maka kita akan mengistirahatkan fisik ataupun pikiran yang sudah lelah bekerja seharian. Tidur yang cukup sangat dianjurkan agar tubuh kembali bugar untuk melaksanakan aktivitas di kemudian hari.

Tidur biasanya dilakukan pada waktu malam ketika seseorang sudah menyelesaikan tugas mereka selama seharian penuh. Namun tidak hanya di malam hari, kita juga dianjurkan untuk tidur di waktu siang setidaknya selama satu jam saja.

Manfaat Tidak Terduga di Balik Rutin Tidur Siang Selama Satu Jam 15 2BBENI
Namun, tidak banyak orang yang bisa mengerjakannya karena terlalu padatnya kesibukan. Padahal ada manfaat luar biasa dan tidak terduga dari kebiasaan tidur siang selama satu jam. Manfaat apakah yang dimaksud tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Para ahli mengatakan bahwa tidur siang selama satu jam akan meningkatkan memori otak dan juga kemampuan berpikir manusia. Seperti yang dikatakan oleh peneliti dari AS meneliti pola tidur dari hampir 3.000 orang dewasa Cina berusia 65 dan lebih tua untuk mengetahui apakah beristirahat siang memiliki efek pada kesehatan mental mereka.

Ternyata tidur siang yang kebanyakan ditakuti oleh laki-laki maupun perempuan tidak semuanya benar, karena dengan tidur siang selama 30 sampai 90 menit setelah makan siang akan berdampak pada meningkatnya memori otak dan kemampuan berpikir manusia.

Dalam Journal of American Geriatrics Society dikatakan hampir 60% dari orang dalam studi mengambil waktu untuk tidur siang dengan rata-rata waktu tidur mereka ada 63 menit.Didalam jurnal tersebut dikatakan bahwa mahasiswa yang menyempatkan diri untuk tidur siang memiliki point yang lebih tinggi dari pada mereka yang tidak melakukan tidur siang.

Tes yang dilakukan yaitu mengenai pertanyaan sederhana tentang tanggal, waktu, masalah tahun, dan matematika dasar. Mereka juga diminta untuk menghafal kata-kata dan gambar dari pola geometris. Didalam tes tersebut didapatkan bahwa mereka yang tidur siang tingkat memori otaknya jauh lebih tinggi dari pada mereka yang tidak tidur siang.

Baca Juga:
Tiga Cara Mudah Menjadi Sehat dengan Syariat

Di dalam tes selanjutnya didapatkan kembali hasil yaitu bagi mereka yang tidur sau jam nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur siang lebih pendek atau lebih panjang waktunya dari pada satu jam.

Orang-orang yang tidak tidur siang atau tidur siang lebih lama mengalami penurunan kemampuan mental sebanyak empat sampai enam kali lebih besar dari mereka yang tidur siang satu jam. Tidur siang juga bisa memastikan lansia mendapatkan tidur malam yang baik. Studi menemukan, peserta yang melaporkan kurang tidur siang cenderung tidur malamnya pun kurang berkualitas.

Bagi anda yang ingin mendapatkan kulaitas tidur malam yang baik dan juga mau meningkatkan memori otak anda, cobalah atur jadwal untuk tidr siang satu jam di kala istirahat. Karena akan berdampak positif. Bagi anda yang tidak sempt tidur siang smpatkanlah diri anda untuk melakukan hal-hal yang lebih positif sehingga apa yang anda lakukan akan membuat anda senang dan merangsang otak anda untuk lebih rileks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here