Waspadai, Inilah Akibat Makan Sebelum Lapar

0
131
Rasa lapar merupakan tanda bahwa sistem pencernaan kita membutuhkan asupan makanan untuk di prosesnya. Rasa lapar ini bisa juga timbul karenakan tubuh kita sudah mulai kehabisan energi dan membutuhkan makanan untuk diproses agar menjadi energi.

Makan ketika lapar merupakan kebiasaan naluriah dari setiap manusia karena rasa lapar seperti tanda peringatan untuk manusia untuk mengisi kembali perutnya sehingga akan menambah kembali energi yang yang diperlukan tubuh manusia untuk beraktifitas.

Waspadai, Inilah Akibat Makan Sebelum Lapar 17 2BBENI

Namun ada pula orang yang sudah makan terlebih dahulu sebelum rasa lapar menyerang. Apakah akan berdampak pada kesehatanya? Ternyata kebiasaan yang demikian ini memiliki dampak bagi kesehatan tubuh kita. Dampak apa yang dimaksud? Berikut informasinya

Menurut pemikiran yang berkembang di masyarakat kebiasaan makan saat perut tidak lapar bisa membuat kegemukan, karena kelebihan kalori akan disimpan dalam tubuh menjadi lemak.

Tetapi diluar dari hal tersebut, ternyata makan di saat kita tidak lapar memiliki efek terhadap meningkatnya kadar gula darah yang akan mengakibatkan penyakit seperti kolesterol maupun obesitas.

Setiap kali kita makan, tubuh akan menghadapi lonjakan nutrisi (lemak, protein, dan karbohidrat alias gula). Sebagai respon, tubuh akan mengeluarkan perlindungan berupa hormon.

Hormon ini berguna untuk menarik semua nutrisi itu dari peredaran darah dan membuatnya bermanfaat bagi tubuh, atau disimpan agar bisa dipakai saat diperlukan. Hormon tersebut adalah hormon yang dikeluarkan oleh organ pencernaan manusia yaitu pankrea, hormon tersebut dinamakan Hormon insulin.

Gula darah bisa dijadikan sebagai pembanding manusia lebih cepat terserang penyakit, biasanya orang dengan lonjakan gula darah yang tinggi kan rentan terkena penyakit dibandingkan mereka yang memiliki lonjakan gula darah stabil.

Percobaan tersebut dilakukan pada orang normal yang memiliki gula darah yang sama. Faktor yang membuat lonjakan gula darah yang tinggi adalah seberapa banyak kalori yang kita asup, kadar indeks glikemin makanan, metabolisme tubuh, dan kapan kita makan.

Baca Juga:
Ingin Sehat? Pakar Berikan Resolusi di 2016

David Gal dari University of Illinois-Chicago dalam penelitiannya mengatakan, seseorang yang makan ketika tidak lapar, lonjakan gula darahnya akan lebih tinggi dari pada orang biasa yang makan pada saat lapar.

Bagi mereka yang makan disaat level laparnya moderat, tubuh akan bekerja lebih baik menangani nutrisi yang masuk.

Demikianlah informasi mengenai apakah baik makan sebelum lapar.Bagi anda yang merasa ingin makan ketika belum lapar bisa menggantikan makan makanan beratnya dengan kacang-kacangan ataupun oats yang akan membuat anda kenyang lebih lama.

Pola makan yang sehat akan menjaga anda dari makan ketika belum lapar dan pastinya akan membuat anda lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here