Beranda Fakta Enam Serba Serbi yang Selalu Ada Saat Perayaan Imlek

Enam Serba Serbi yang Selalu Ada Saat Perayaan Imlek

0
73
Tidak terasa sebentar lagi perayaan tahun baru Imlek akan segera tiba. Tanggal 28 Januari 2017 bertepatan dengan hari Sabtu mendatang menjadi hari perayaan tahun baru Imlek yang sudah dinanti-nantikan oleh masyarakat Tionghoa.

Pada tahun ini bertepatan dengan shio ayam api yang tentu saja diharapkan akan membawa peruntungan sendiri. Ternyata, euforia persiapan untuk merayakan tahun baru imlek ini sudah terasa sejak beberapa hari yang lalu. 

Enam Serba Serbi yang Selalu Ada Saat Perayaan Imlek 8

Dalam perayaannya, masyarakat Tionghoa memiliki tradisi tersendiri. Bahkan ada pula beberapa hal yang menjadi tradisi yang senantiasa dilakukan menjelang dan selama Imlek. Tradisi ini memiliki maknanya masing-masing. Lantas, apa sajakah serba-serbi yang selalu ada sebelum dan selama perayaan imlek? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Menyapu Rumah

Tradisi pertama yang kerap dilakukan sebelum menjelang perayaan Imlek ialah menyapu rumah. Menyapu rumah ini dilakukan sehari sebelum Imlek, kegiatan yang satu ini menjadi simbol untuk membuat semua kesialan sehingga ada cukup ruang untuk keberuntungan di tahun yang baru.

Tidak hanya itu, setelah menyapu rumah tersebut mereka mulai menjauhkan semua peralatan untuk membersihkan rumah seperti sapu dan sikat dari jangkauan. Hal ditersebut dikarenakan menurut kepercayaan, menyapu rumah di hari pertama tahun baru mengisyaratkan bahwa kita menyapu semua keburuntungan.

2. Serba Merah

Seperti yang kita ketahui dan lihat bersama bahwa tahun baru Imlek ini sangat identik dengan warna merah. Ternyata hal tersebut dikarenakan warna merah dipercaya sebagai warna yang ditakuti nian. Nian sendiri merupakan sejenis makhuk buas yang hidup di dasar laut atau di gunung menurut mitologi Tionghoa.

Makhluk tersebut dipercaya akan keluar untuk mengganggu manusia terutama anak-anak pada saat musim semi atau sekitar tahun baru Imlek. Maka dari itu, warna merah dipercaya dapat membuat si makhluk tersebut merasa takut.

Baca Juga:
Kenali Lima Resiko ini Sebelum Merintis Bisnis Baru

3. Mengisi Angpao

Berbicara mengenai Imlek tentu saja tidak luput dari Angpao. Ya tradisi mengisi angpao memang menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu. Biasanya orangtua akan memberikan angpao berisikan uang kepada anak-anak kecil yang berkunjung ke rumah mereka saat hari Imlek.

4. Nampan Kebersamaan

Tradisi selanjutnya dari perayaan Imlek ialah nampan kebersamaan. Saat Imlek tiba, biasanya akan disajikan makanan di atas sebuah nampan yang berbentuk bulat atau segi delapan. Adapun isi dari nampan tersebut di antaranya permen, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan kering.

5. Makanan Keberuntungan


Selain nampan kebersamaan, ada tradisi lainnya ketika perayaan Imlek yakni makanan keberuntungan. Makanan keberuntungan tersebut seperti mie yang tidak dipotong karena dipercaya mewakili umur panjang. Selain itu, adapula kue bola yang menyerupai bentuk uang China zaman dulu yang mewakili kekayaan.

6. Kembang Api

Serba serbi terakhir yang selalu ada saat perayaan tahun baru Imlek yaitu kembang api. Kembang api ini merupakan salah satu pertunjukkan yang sangat populer untuk memeriahkan Imlek. Hal ini dipercaya membuat makhluk jahat ketakutan karena suara gaduhnya.

Demikianlah informasi mengenai enam serba serbi yang selalua ada dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Satu hal yang pasti adalah, tahun baru ini harus dijadikan sebagai momentum untuk menjadi insan yang lebih baik lagi dan berharap senantiasa mendapatkan keberuntungan dan dimudahkan dalam pencapaian hidup.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here