Awas, Inilah Tiga Bahaya Kesepian Bagi Kesehatan Tubuh

0
134
Sebagai manusai kita tentu saja membutuhkan orang lain ketika menjalankan aktivitas. Entah itu untuk sekedar berkomunikasi ataupun ketika memerlukan pertolongan. Dengan adanya orang lain dalam keseharian tentu akan membuat hidup kita lebih berwarna.

Namun terkadang, masih saja ada orang yang tidak mampu bergaul dengan lingkungan sekitar. Dirinya senantiasa melakukan segala aktivitas seorang diri. Hal inilah yang lama kelamaan membuat orang tersebut merasa kesepian.

Awas, Inilah Tiga Bahaya Kesepian Bagi Kesehatan Tubuh 12


Padahal sebenarnya, perasaan kesepian itu dapat berakibat kurang baik kita. Bahkan dikatakan bahwa kesepian memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Kira-kira bahaya apa saja yang dapat ditimbulkan oleh kesepian? Berikut ulasannya.

1. Penyakit Jantung

Bahaya pertama yang akan ditimbulkan dari kesepian ialah penyakit jantung. Berdasarkan hasil studi di Harvard pada tahun 2012 lalu, menunjukkan bahwa 24 persen orang dewasa yang memilih hidup sendiri mempunyai resiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan orang yang hidup sendiri tidak mendapatkan dukungan secara sosial di dalam kehidupannya. Tidak ada orang lain yang mendukungnya karena ia terlalu menutup diri hingga pada akhirnya orang tersebut mudah terkena stres. Stres ini sendiri menjadi salah satu penyebab peningkatnya kemungkinan diri terkena serangan jantung.

2. Depresi

Tidak hanya penyakit jantung, ternyata orang yang kesepian juga berkemungkinan besar akan mengalami depresi. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Chicago yang mengungkapkan bahwa jika seseorang semakin larut dalam kesedihan maka akan semakin besar gejala depresi orang tersebut.

Depresi ini dapat terjadi dikarenakan hormon otak yang berhubungan dengan stres seperti hormon kortisol akan menjadi lebih aktif ketika seseorang merasa kesepian.

3. Penurunan Sistem Kekebalan Tubuh

Bahaya kesepian terakhir bagi kesehatan yang berhasil diungkap adalah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:
Tujuh Manfaat Luar Biasa Teh Celup Bekas untuk Kecantikan

Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2013 oleh Ohio State University menghasilkan bahwa seseorang yang mengalami kesepian cenderung akan memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih lemah dibandingkan orang yang tidak kesepian.

Akibat dari menurunnya sistem kekebalan tubuh ini ialah, orang tersebut akan mudah mengalami berbagai macam peradangan. Bahkan di antaranya dapat mengakibatkan penyakit kronis seperti penyakit jantung artritis, diabetes tipe 2, dan bahkan penyakit alzheimer.

Demikianlah informasi mengenai bahaya kesepian bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, agar tidak merasa kesepian dalam kehidupan, mulailah untuk membuka diri dan berbaur bersama orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here