Enam Hal yang Sering Dianggap Menyehatkan Padahal Sebenarnya Tidak

0
84
Hidup sehat tentu menjadi keinginan bagi setiap orang. Untuk mendapatkan hal tersebut banyak orang yang kemudian melakukan berbagai macam cara. Mulai dari olahraga hingga mengatur pola makan dan gaya hidup mereka.

Namun ternyata hal ini belum menjamin seseorang memiliki kehidupan yang sehat. Penyebabnya adalah, orang-orang tersebut belum menjalankannya dengan benar. Maka tidak heran kemudian banyak orang yang mencari tips lain agar hidup lebih sehat. 

Enam Hal yang Sering Dianggap Menyehatkan Padahal Sebenarnya Tidak 15

Belakangan ini, ada begitu banyak tips kesehatan yang menyebar luas di masyarakat. Bahkan di antaranya dipercaya dapat menyehatkan padahal sebenarnya kebiasaan ini justru berdampak kurang baik bagi tubuh. Hal apa sajakah yang dimaksud tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Minum Sari Buah/ Jus
Hal pertama yang dianggap menyehatkan padahal sebenarnya tidak ialah minum sari buah atau jus. Banyak oran yang percaya bahwa dengan mengkonsumsi sari buah atau jus dapat membuang kotoran serta racun di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, bahkan juga banyak yang mengatakan bahwa minum jus dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi, mencerahkan kulit serta membuat rambut bersinar dan banyak manfaat lainnya.

Padahal sebenarnya, tanpa mengkonsumsi buahpun hati dan ginjal tetap bisa melakukan tugasnya yakni membuang toksin dan kotoran dari tubuh. Meskipun jus sayuran berisi banyak vitamin, namun akan lebih sehat jika buah dan sayuran ini dikonsumsi secara utuh.

2. Sabun Antibakteri

Menjaga kebersihan tubuh menjadi kewajiban bagi setiap orang. Salah satu langkah untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menggunakan sabun anti bakteri. Biasanya, sabun ini digunakan untuk cuci tangan, agar tetap steril saat memegang sesuatu.

Padahal sebenarnya produk anti bakteri yang ada dipasaran itu tidak lebih baik dari pada sabun biasa dan air untuk mencegah penyebaran kuman. Bahkan di khawatirkan sabun anti bakteri itu justru mengandung zat kimia yang membahayakan kesehatan bila terus menerus digunakan.

Baca Juga:
Lima Cara Bersihkan Kuku Kaki dengan Mudah dan Cepat

3. Mengkonsumsi Vitamin

Tentu kita sering mendengar bahwa mengkonsumsi sayuran saja tidak cukup dan harus dibarengi dengan vitamin. Padahal sebenarnya, berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi vitamin dan mineral justru kurang berfaedah bagi kesehatan.

Terlebih lagi jika kita mengkonsumsi multivitamin secara berlebihan tanpa resep dari dokter. Terlalu banyak konsumsi vitamin atau dikenal dengan overdosis justru dapat menyebabkan berbagai macam bahaya pada tubuh. Di antaranya gangguan saraf, liver rusak dan muntah.

4. Olahraga Berlebihan

Olahraga memang menjadi kegiatan yang harus rutin dilakukan setiap orang. Akan tetapi jika olahraga dilakukan secara berlebihan maka justru tidak baik bagi kesehatan. Misalnya saja, ketika tubuh dipaksa untuk lari jarak jauh tanpa kenal istirahat maka dapat merusak jantung.

Tidak hanya itu, terjatuh ketika melakukan olahraga juga dapat menyebabkan luka dan lecet. Tenaga yang terlalu diforsir dapat menimbulkan kondisi yang disebut rhabdomyolysis, yakni jaringan otot pecah dan melepaskan kandungannya ke dalam darah yang berpotensi merusak ginjal.

5. Mandi Berlebihan

Mandi memang diperuntukkan untuk menjaga kebersihan diri. Namun bagaimana jika ada orang yang jumlah mandinya melebihi normal? Empat atau lima kali sehari. Hal ini kerap dilakukan oleh mereka yang tidak suka berkeringat setelah melakukan kegiatan atau merasa kepanasan dan akhirnya mandi beberapa kali dalam sehari.

Banyak orang yang mengatakan bahwa hal demikian ini tidak masalah demi tubuh tetap bersih. Namun ternyata bersih-bersih yang berlebihan tersebut justru tidak baik bagi kesehatan dan justru membahayakan.

Untuk tubuh, mandi berlebihan ini dapat merusak kulit di area tertentu di tubuh karena terlalu peka saat terkena sabun. Tidak hanya itu, bahkan untuk bayi dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

6. Minuman Berenergi

Baca Juga:
Awas, Lima Kebiasaan Ini dapat Turunkan IQ

Hal terakhir yang dianggap sehat namun ternyata tidak ialah mengkonsumsi minuman berenergi. Pada dasarnya minuman berenergi mengandung lebih banyak gula dibandingkan dengan minuman seperti yang bersoda. Itulah yang menyebabkan minuman ini tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Demikianlah informasi mengenai enam hal yang dianggap menyehatkan padahal pada kenyataannya tidak. Oleh sebab itu, jangan terlampau mudah percaya dengan anggapan-anggapan demikian. Tetaplah jalani gaya hidup sehat yang tidak berlebihan setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here