Lima Pantangan Saat Imlek yang Tidak Boleh Dilanggar

0
102
Tidak terasa besok akan menjadi puncak perayaan Tahun Baru Imlek. Tahun masyarakat Tionghoa ini jatuh bertepatan pada hari Sabtu, 28 Januari 2017. Tak ayal, hari ini seluruh umat etnis Tionghoa mempersiapkan perayaan ini dengan meriah.

Kemeriahan dari perayaan Imlek sendiri sudah terasa di berbagai sudut kota. Maklum saja, etnis Tionghoa memang tersebar di hampir seluruh belahan dunia. Tidak lengkap rasanya jika mengulas mengenai Imlek namun tidak membahas tradisi yang ada di dalamnya. 

Lima Pantangan Saat Imlek yang Tidak Boleh Dilanggar 14
Dari tahun ke tahun ada tradisi yang tidak berubah dari perayaan Imlek. Bahkan ada pula mitos dan tahayul yang masih dianggap benar hingga saat ini. Mitos tersebut berbentuk berbagai pantangan yang tidak boleh dilakukan selama Imlek. Apa sajakah itu? Berikut informasi selengkapnya

1. Tidak Boleh Membersihkan Rumah

Pantangan pertama yang tidak boleh dilakukan ketika tahun baru Imlek adalah membersihkan rumah. Membersihkan rumah itu sama artinya menyapu seluruh keberuntungan di tahun baru dan justru membawa nasib buruk untuk tahun mendatang.

Tidak hanya itu, bahkan seluruh alat yang berkaitan dengan pembersih rumah juga harus disingkirkan dari pengelihatan. Maka dari itu, jika ingin menyapu dan membersihkan rumah ada baiknya melakukan hal tersebut sehari sebelum perayaan Imlek tiba.    

2. Tidak Boleh Bercerita Tentang Hantu

Pantangan selanjutnya adalah setiap orang tidak diperbolehkan untuk bercerita mengenai hantu, zombi ataupun roh orang yang sudah mati. Hal tersebut dikarenakan dalam kepercayaan China, malam tahun baru itu menggambarkan apa yang terjadi sepanjang tahun berikutnya.

Berbicara kasar atau kata-kata yang tidak menunjukkan keberuntungan merupakan hal yang dianggap tabu. Terlebih lagi apabila bercerita tentang hantu yang kerap kali dikaitkan dengan kematian.

Baca Juga:
Delapan Tanda Orang Miliki Kecerdasan Emosional

3. Tidak Boleh Keramas

Ternyata, masyarakat Tionghoa percaya bahwa ketika hari pertama tahun baru itu tidak diperbolehkan untuk keramas. Hal tersebut dikarenakan ada kepercayaan bahwa saat mencuci rambut, maka keburuntungan pun akan ikut hilang.

4.  Tidak Boleh Menangis

Selain tidak boleh keramas, ternyata orang yang merayakan Imlek juga tidak diperkenankan untuk menangis. Kegiatan menangis akan berdampak negatif karena akan menimbulkan kesialan dan membuat orang yang melakukannya akan sering menangis dalam satu tahun ke depan.

5. Tidak Boleh Berhubungan dengan Benda Tajam

Tidak hanya alat kebersihan, ternyata ketika tahun baru Imlek kita tidak diperbolehkan untuk berhubungan dengan benda tajam. Hal tersebut dikarenakan benda yang berujung tajam adalah pembawa roh jahat pada hari pertama Tahun Baru Imlek.

Demikianlah informasi mengenai lima pantangan yang tidak boleh dilanggar ketika tahun baru Imlek. Percaya atau tidak pantangan-pantangan di atas sudah berlangsung secara turun temurun dan selalu ditaati oleh mereka yang merayakan Imlek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here