Lima Tes Kesehatan yang Unik Ini Bisa Dilakukan di Rumah

0
80
Kesehatan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk senantiasa dijaga oleh semua orang. Maka tidak heran apabila semua orang kemudian melakukan segala acara agar dapat memiliki tubuh yang selalu sehat tersebut.

Bahkan ada orang yang langsung memeriksakan diri ke dokter apabila merasa tubuhnya kurang sehat. Tidak hanya itu saja, banyak orang yang juga rutin melakukan tes kesehatan setiap bulan ataupun dalam waktu berkala ke rumah sakit.

Lima Tes Kesehatan yang Unik Ini Bisa Dilakukan di Rumah 32

Seperti yang kita tahu, bahwa tes kesehatan itu tidak harus dilakukan di dalam laboratorium. Bahkan kita juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara yang unik dan jarang diketahui oleh banyak orang. Bagaimanakah bentuk tes kesehatan yang unik tersebut? Berikut informasinya.

1. Kayang Untuk Mendeteksi Masalah Punggung

Nyeri punggung memang kerap diderita oleh sebagian orang, terutama mereka yang berusia di atas 50 tahunan. Biasanya penyebab nyeri punggung ini dikarenakan adanya masalah pada facet join yang menghubungkan tiap ruas tulang belakang.

Untuk mendeteksi masalah punggung tersebut, Anda bisa berdiri tegak. Selanjutnya lengkungkan punggung ke belakang serendah mungkin atau biasa dikenal dengan kayang. Jikalau ada rasa menyakitkan di bagian tulang berarti Anda memang mengalami masalah punggung.

2. Makan Jagung Manis Untuk Mendeteksi Flu Perut

Selain kayang, ternyata ada tes kesehatan unik lainnya yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Flu perut atau biasa disebut dengan gastroenteritis merupakan penyebab pencernaan melambat.

Untuk mendeteksi apakah kita menderita gangguan tersebut adalah dengan memakan jagung manis. Lapisan terluar jagung yang berwarna kuning itu tidak dapat dicerna oleh perut. Maka dari itu, apabila kulit jagung tersebut keluar bersama kotoran selama 24-48 jam maka itu masih dianggap normal. Akan tetapi, apabila sudah lebih dari 72 jam berarti itu menandakan proses pencernaan Anda melambat.

3. Naik Tangga Untuk Periksa Fungsi Paru

Baca Juga:
Lima Aktivitas Penting Ini Dilakukan Otak Saat Kita Tidur

Fungsi paru-paru menjadi hal penting yang harus senantiasa diperiksa. Adapun cara paling udah untuk mengukur kapasitas paru-paru dalam memproses dengan naik tangga selama dua menit sambil ngobrol.

Apabila kita merasa ngos-ngosan saat melakukannya, maka ada masalah pada paru-paru. Lebih baik untuk segera memeriksanya ke dokter.

4. Memegang Hidung Untuk Mengukur Fungsi Otak

Ternyata kita bisa melakukan tes kesehatan untuk kemungkinan ada atau tidaknya gangguan yang menyerang fungsi otak seperti multiple schlerosis (MS) dan risiko stroke. MS ini mempengaruhi otak di bagian cerebellum yang mengatur persepsi, koordinasi dan keseimbangan.

Untuk mengujinya, Anda bisa mengajak teman untuk duduk berhadapan dan mintalah kepada teman tersebut untuk menggerakkan jarinya di depan wajah. Setiap gerakan yang dilakukannya, sentuh jari orang tersebut dan sentuh jarinya lalu bergantian menyentuh hidung sendiri.

Memang terlihat mudah,namun bagi mereka yang mengalami kerusakan pada cerebellum bisa membuat permainan tersebut sangat sulit dan bahkan kita akan sering mengalami kegagalan untuk menyentuh jari si teman tersebut.

5. Selembar Kertas A-4 Untuk Mendeteksi Hormon

Tes kesehatan unik terakhir yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah dengan menggunakan selembar kertas A-4 untuk mendeteksi hormon. Orang yang tangannya sering gemetar biasanya memiliki hiperaktivitas pada kelenjar tiroidnya.

Menurut Richard Ross, ahli endokrinologi dari University of Sheffield untuk dapat mendeteksi apakah kita mengalami masalah ini adalah dengan membuka telapak tangan yang menghadap ke bawah lalu letakkan selembar kertas ukuran A-4 di atasnya. Apabila kertas tersebut goyang-goyang maka, itu pertanda bahwa Anda mengidap hipertiroidisme.

Demikianlah informasi mengenai lima tes kesehatan unik yang bisa kita lakukan di rumah. Untuk itu, apabila mengalami gejala penyakit seperti di atas, cobalah untuk melakukan tes kesehatan unik tersebut dan jangan lupa untuk periksa kesehatan ke dokter.

Baca Juga:
Ternyata Inilah Pemicu Rasa Lelah Setiap Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here