Beranda Fakta Lima Aktivitas Penting Ini Dilakukan Otak Saat Kita Tidur

Lima Aktivitas Penting Ini Dilakukan Otak Saat Kita Tidur

0
136
Otak menjadi bagian terpenting dari sekujur tubuh manusia. Bagian inilah yang menjadi pengendali setiap aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Otak tidak hanya berfungsi untuk berpikir saja melainkan juga menjadi tempat bernaungnya semua syaraf di dalam tubuh manusia.

Otak juga disebut sebagai pengendali dalam tubuh manusia yang menjadi tolak ukur kesehatan seseorang. Bagian tubuh yang satu ini akan selalu bekerja sepanjang waktu, ternyata otak juga tetap melakukan aktivitasnya meskipun pemiliknya dalam keadaan tertidur. 

Lima Aktivitas Penting Ini Dilakukan Otak Saat Kita Tidur 35

Ketika seseorang tidur, otak tetap bekerja dan bahkan melakukan beberapa aktivitas penting yang akan sangat berguna ketika kita terbangun. Lantas, aktivitas seperti apakah yang dilakukan oleh otak ketika seseorang tersebut tengah tidur? Berikut informasi selengkapnya.

1. Buat Keputusan

Aktivitas yang dilakukan oleh otak pertama adalah membuat keputusan. Ternyata meskipun kita tengah tidur otak tetap bekerja untuk membuat keputusan. Menurut jurnal yang dipublikasikan dalam Curren Biology, otak akan memproses setiap informasi yang diterima dan menggunakan informasi yang didapat tersebut untuk membuat sebuah keputusan ketika kamu terbangun.

2. Membuat Dan Menghubungkan Kenangan

Tidak hanya membuat keputusan, ternyata ketika manusia tidur otak justri membuat serta menghubungan antara kenangan lama dan kenangan yang baru. Kekurangan waktu tidur ternyata dapat mempengaruhi hipocampus yakni suatu bagian di dalam otak yang terlibat dalam pembuatan kenangan.

Menurut Dokter Matthew Walker dari University of California Barkeley, orang yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur makan kemampuan dirinya dalam mempelajari hal baru menurun hingga 40 persen.

3. Menciptakan Koneksi Kreatif

Ketika manusia tertidur, ternyata otak kita menciptakan koneksi kreatif. Berdasarkan hasil penelitian tahun 2007 dari University of California Berkeley didapati hasil bahwa orang yang baru bangun tidur itu dapat membuat ide menarik sekitar 33 persen.

Baca Juga:
Enam Hal yang Sering Dianggap Menyehatkan Padahal Sebenarnya Tidak

4. Membersihkan Otak

Untuk dapat bekerja secara optimal, ternyata otak juga memerlukan pembenahan dan waktu yang paling tepat untuk melakukannya adalah ketika tidur. Menurut peneliti dari University of Rocheseter menemukan fakta bahwa otak akan bekerja untuk membersihkan molekul yang merusak terkait dengan neurodegeneration selama kita tidur.

Namun, apabila seseorang memiliki waktu yang sedikit untuk tidur maka otak mereka tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membersihkan molekul tersebut. Sehingga pada akhirnya dapat mengakibatkan orang tersebut terkena penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer

5. Otak Belajar dan Mengingat Bagaimana Melakukan Tugas Fisik

Aktivitas terakhir yang dilakukan oleh otak ketika kita tidur adalah belajar dan mengingat bagaimana melakukan tugas fisik. Ternyata otak dapat menyimpan sebuah informasi dalam jangka panjang, walapun tidur namun otak tetap belajar untuk mengingat gerakan fisik. 


Demikianlah informasi mengenai lima aktivitas penting yang dilakukan oleh otak meskipun pemiliknya sedang tertidur. Ternyata otak tetap melakukan tugasnya walaupun kita tengah istirahat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here