Lima Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan yang Jarang Ketahui

0
119
Kacang tanah menjadi salah satu tanaman dari jenis kacang-kacangan yang banyak digemari oleh orang. Ada begitu banyak olahan yang bisa dibuat dari kacang tanah ini, mulai dari yang digoreng, rebus hingga dijadikan tambahan dalam berbagai jenis makanan.

Selain rasa nya yang gurih dan nikmat, kacang tanah juga sangat cocok dikonsumsi untuk menemani waktu santai dan berkumpul bersama keluarga. Tidak hanya itu saja, ternyata di balik bentuknya yang cukup kecil tersebut tumbuhan yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa. 

Lima Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan yang Jarang Ketahui 34

Berdasarkan beberapa penelitian, kacang tanah disebut memiliki nutrisi yang besar bagi tubuh manusia dan bermanfaat bagi kesehatan. Lantas, apa sajakah manfaat yang dimaksud? Berikut informasi mengenai lima manfaat kacang tanah bagi kesehatan yang jarang diketahui.

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kacang tanah untuk kesehatan yang pertama adalah ternyata dapat menurunkan kolesterol. Seperti yang diketahui bahwa kacang tanah itu mengandung asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang kemudian menurun beberapa peneliti dapat membantu menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh. Tidak hanya itu, ternyata kandungan tersebut juga dapat mencegah penyakit jantung koroner.

2. Mencegah Risiko Kanker Perut

Selain dapat menurunkan kolesterol, ternyata manfaat selanjutnya dari kacang tanah ini ialah dapat mencegah risiko kanker perut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan poli fenolik dan juga anti oksidan di dalam kacang tanah. Nutrisi dalam kacang dipercaya dapat mengurangi produksi karisnogenik nitroud amina yang merupakan penyebab utama tumbuhnya sel kanker di dalam perut manusia.

3. Melawan Penyakit Jantung
Mengkonsumsi kacang tanah ternyata juga mampu melawan penyakit jantung. Selain itu nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam kacang tanah juga dipercaya dapat meminimalisir berbagai masalah pada jantung.

Baca Juga:
Tujuh Dampak Buruk Perceraian Terhadap Anak

4. Mencegah Risiko Stroke

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, ternyata mengkonsumsi kacang tanah juga dapat mengurangi serta mencegah risiko penyakit berbahaya sekelas stroke. Tidak hanya itu saja, ternyata kandungan kalium, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, zat besi, selenium dan seng serta beberapa mineral yang ada di dalam kacang tanah juga baik untuk kesehatan tubuh.

5. Baik Untuk Kulit

Manfaat terakhir dari kacang tanah yang jarang diketahui adalah dapat berdampak baik bagi kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kacang tanah banyak mengandung vitamin E, vitamin B6 dan nutrisi lainnya. Tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi kacang tanah ternyata juga dapat membantu kulit dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.

Demikianlah informasi mengenai lima manfaat dari kacang tanah yang jarang diketahui. Selain itu, ternyata masih ada banyak lagi manfaat kesehatan yang bisa diperoleh hanya dengan mengkonsumsi kacang tanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here