Beranda Fakta Waspadai Lima Pemicu Stres yang Tak Terduga

Waspadai Lima Pemicu Stres yang Tak Terduga

0
148
Stres menjadi dalam satu permasalahan yang kerap melanda semua orang. Tidak dapat dipungkiri bahwa stres ini dapat menjadi sumber segala masalah lainnya, mulai dari kesehatan fisik hingga mental.

Ada begitu banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang dilanda stres. Mulai dari beban pikiran, tugas menumpuk, masalah keuangan hingga tidak jarang permasalahan asmara yang membuat orang akhirnya menjadi stres dan depresi.

Waspadai Lima Pemicu Stres yang Tak Terduga 33

Namun ternyata, masih banyak lagi penyebab stres yang belum kita ketahui. Bahkan di antaranya tidak pernah kita duga sebelumnya. Untuk itu, kita harus mengetahui hal-hal tak terduga yang dapat memicu stres ini. Apa sajakah itu? Berikut informasi selengkapnya.

1. Suhu Panas

Hal pertama yang dapat memicu stres ternyata adalah suhu panas. Tentu banyak orang yang mengeluh ketika sinar matahari terlalu menyengat. Ternyata hal tersebut dapat mempengaruhi mood seseorang.

Ini terjadi karena seasonal affective disorder (SAD) atau gangguan afektif musiman. Gangguan ini akan memicu depresi karena sinar matahari di bumi terlalu banyak sehingga suhu bumi terlalu panas. Kondisi yang demikian ini dianggap memiliki hubungan dengan sensitivitas terhadap panas setya ketidakseimbangan hormon.

Ternyata teori yang menjelaskan mengenai mengapa suhu panas dapat memicu stres adalah karena saat panas tubuh akan memproduksi sedikit hormon tiroid sehingga tubuh kekurangan energi. Selain itu, cuaca panas juga dapat mengurangi kemampuan untuk mengatasi tekanan mental.

2. Pil Kontrasepsi
Tidak ada yang menyangka bahwa orang yang mengkonsumsi pil kontrasepsi ternyata dapat menyebabkan depresi dua kali lebih mungkin daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya. Hal ini diduga akibat adanya kaitan dengan jalur serotonin dalam otak.

Menurut Ailsa Gebbie, wakil kepala fakultas Seks dan Kesehatan Reproduksi di Royal College of Obstetricians and Gynaecologists pil kontrasepsi tersebut dapat mengubah suasana hati wanita yang sensitif.

Baca Juga:
Tujuh Cara Pegang Tas yang Tunjukkan Karakter Wanita

3. Donat

Pemicu stres tak terduga selanjutnya adalah donat. Ternyata mengkonsumsi donat terutama yang terbuat dari gandum justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental. Menurut Helen Bond dari British Dietetic Association suasana hati manusia ditentukan oleh pasokan energi dari glukosa darah ke otak.

Ternyata hal ini dapat meningkatkan kadar dopamin sehingga membuat mood meningkat. Namun, makanan yang mengandung gandum tidak bisa melakukan hal tersebut. Ketika kita mengkonsumsi gandum, maka neurotransmitter yang disebut dengan phenylethylamine akan muncul dan menimbulkan perasaan khawatir.

4. Lampu Jalan


Ternyata, terlalu banyak cahaya lampu di kehidupan seperti di kamar tidur, lampu jalan ataupun lampu lainnya memiliki dampak negatif pada otak. Hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas Ohio.

Dari penelitian yang dilakukan terhadap hewan, mereka menemuan bahwa cahaya di malam hari dapat menyebabkan perubahan pada hippocampus. Inilah bagian di otak manusia yang berhubungan dengan depresi.

5. Internet

Hal terakhir yang dapat memicu timbulnya stres adalah internet. Hal ini berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan di Cina. Mereka yang menggunakan internet secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan depresi dua kali setengah lebih mungkin dibandingkan mereka yang tidak sering menggunakan internet.

Menurut Dr. Richard Graham, ahli kecanduan teknologi di Rumah Sakit Capio Nightingale, London teknologi ternyata dapat membuat otak lelah. Jika terus menerus menggunakan internet dan telepon maka akan membuat gejala depresi mudah muncul.

Demikianlah informasi mengenai lima pemicu stres tak terduga yang patut diwaspadai. Oleh karena itu, kurangilah kebiasaan yang dapat memicu stres tersebut akan kita bisa hidup dengan lebih nyaman setiap harinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here