Awas, Inilah Bahaya Makan Tengah Malam Terhadap Kesehatan

0
109
Insomnia atau kesulitan tidur di malam hari terkadang membuat seseorang merasa lapar. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi sesuatu untuk mengganjal rasa lapar di perut.

Namun tidak jarang ada pula orang yang mengkonsumsi makanan dengan porsi yang berlebih karena terlalu lapar. Akan tetapi, mereka yang melakukan kebiasaan ini tidak memperhatikan pola makan serta kondisi metabolisme tubuh. 

Awas, Inilah Bahaya Makan Tengah Malam Terhadap Kesehatan 43

Padahal kenyataannya, kebiasaan makan di tengah malam dapat menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh. Ternyata ada banyak bahaya yang mengincar tubuh yang biasa makan di waktu ini. Lantas apa sajakah bahaya yang dimaksud? Berikut informasi selengkapny.

1. Heartburn and Acid Reflux

Bahaya pertama yang dialami oleh orang yang sering makan pada tengah malam adalah Heartburn and Acid  Reflux. Acid Reflux merupakan kondisi asam lambung naik kembali ke kerongkongan setelah makan. Biasanya kondisi ini disertai dengan rasa mulas atau nyeri seperti terbakar (Heartburn) pada bagian bahwa dada.

Bagi orang yang sering mengalaminya, maka waspadalah karena hal ini bisa saja menjadi pertanda dari penyakit GERD (gastroesophagel reflux disease/kronis). Pemicu utamanya adalah terlalu banyak makan ataupun mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan berminyak.

2. Risiko Diabetes

Tidak hanya dapat menyebabkan risiko penyakit asam lambung meningkat, ternyata makan pada tengah malam dapat membuat kita berisiko terkena diabetes. Hal tersebut dikarenakan gula dan insulin akan mengalami kesulitan berinteraksi satu sama lain ketika seseorang menghindari waktu makan normal dan lebih memilih makan dilarut malam.

3. Menggangu Tidur


Bahaya selanjutnya dari kebiasaan makan di tengah malam adalah dapat mengganggu tidur. Hal ini dikarenakan makan malam 3 jam sebelum tidur, terlebih lagi apabila makanan yang dikonsumsi tersebut mengandung lemak. Kebiasaan ini akan membuat sistem pencernaan akan terus bekerja sepanjang malam dan akibatnya adalah dapat mengganggu tidur.
Baca Juga:
Cegah Kanker Usus Besar dengan Delapan Jenis Makanan Ini

4. Berat Badan Naik

Di waktu tengah malam, biasanya banyak orang yang cenderung mencari makanan yang cepat saji seperti mie, burger ataupun makanan berlemak dan berminyak lainnya. Terlebih lagi rasa lapar yang berlebihan membuat orang mengambil porsi yang lebih besar.

Demikianlah informasi mengenai bahaya makan tengah malam terhadap kesehatan. Memang tidak masalah apabila hanya sekali atau dua kali saja makan tengah malam. Akan tetapi, sebisa mungkin hindarilah makan di waktu tersbeut akan kesehatan lebih terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here