Fakta di Balik Stres, Ternyata Ada Sisi Baik dan Buruknya

0
102
Stres menjadi hal yang kerap menghinggapi siapa aja, mulai dari anak sekolah, pekerja kantoran, hingga ibu rumah tangga. Tidak memandang usia, stres ini menjadi salah satu gejala yang patut untuk diwaspadai karena dipercaya menjadi sumber penyakit tubuh.

Memang benar adanya, bahwa stres menjadi salah satu faktor pemicu terganggunya kesehatan manusia. Bahkan stres yang sudah kronis dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh, seperti penyakit jantung dan diabetes. 

Fakta di Balik Stres, Ternyata Ada Sisi Baik dan Buruknya 40
Oleh sebab itu, kita harus sebisa mungkin menghindari segala yang dapat menyebabkan stres ini. Namun, ada beberapa fakta tentang stres yang jarang diketahui oleh orang banyak. Ternyata, di balik stres tersebut ada sisi baik dan juga sisi buruknya. Apa sajakah fakta tersebut? Berikut ulasannya.

1. Stres Membuat Perut Buncit

Reaksi yang disebabkan stres adalah dapat membuat perut buncit. Ternyata banyak orang yang tidak mengetahui bahwa stres dapat membuat perut seseorang menjadi buncit. Hal ini ternyata disebabkan oleh pola makanan yang tidak sehat ketika seseorang mengalami stres. Kita pikiran kita dilanda stres, biasanya banyak orang yang cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan.

2. Stres Bikin Cepat Tua

Tidak hanya dapat membuat perut buncit saja, akan tetapi lebih parahnya stres juga dapat membuat seseorang menjadi lebih cepat tua. Ketika seseorang mengalami gangguan stres, maka ia akan memiliki pikiran yang sedikit kacau.

Maka tidak heran apabila kesehatan mereka akhirnya terganggu. Bahkan dikatakan bahwa mereka yang sering stres akan terlihat 10 tahun lebih tua dibandingkan orang-orang yang kadar stresnya lebih rendah.

3. Wanita yang Sudah Menikah Lebih Mudah Stres

Seperti yang diketahui bahwasanya stres itu dapat melanda siapa saja dari segala usia. Namun ternyata, ada tipe yang lebih mudah terserang stres yakni wanita yang sudah menikah. Mereka lebih mudah stres karena adanya tanggung jawab yang bertambah untuk mengurus rumah tangga.

Baca Juga:
Konsumsi Tujuh Vitamin Ini Agar Daya Ingat Tetap Terjaga

Tidak hanya itu saja, stres tersebut juga disebabkan karena adanya konflik dalam hubungan dengan pasangan. American Psychological Association’s Stress di Amerika pernah melakukan sebuah penelitian dan mendapati bahwa wanita yang sudah menikah mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengalami stres dibandingkan mereka yang belum menikah.

4. Stres Memiliki Efek Baik

Jika dilihat stres memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan manusia, baik itu fisik ataupun mentalnya. Namun jangan salah, ternyata stres juga memiliki efek positif yakni dapat lebih bisa memberikan dorongan positig kepada orang yang mengalaminya untuk mengeluarkan kualitas terbaik yang dimilikinya.

Demikianlah informasi mengenai fakta tentang sisi baik dan buruk di balik stres. Meskipun ada sisi positifnya, akan tetapi stres memiliki dampak buruk yang lebih banyak. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak stres agar terhindar dari segala efek negatifnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here