Ternyata, Stres Dapat Sebabkan Hal Ini Pada Tubuh

0
202
Stres menjadi hal yang paling tidak diinginkan dalam hidup seseorang. Hal ini dikarenakan jika kita sedang mengalami stres, itu artinya ada banyak masalah yang menimpa. Sejatinya, stres dapat dialami oleh siapa saja tanpa mengenal usia.

Ada begitu banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres. Mulai dari banyaknya beban pikiran berupa masalah tugas, pekerjaan, keuangan, hingga kehidupan asmara. Ternyata, tidak hanya berbahaya bagi tubuh, stres juga dapat mengganggu kesehatan mental. 

Ternyata, Stres Dapat Sebabkan Hal Ini Pada Tubuh 39

Terlebih lagi apabila kita sudah memasuki stres dalam tahap kronis, maka akan ada banyak masalah kesehatan yang menimpa. Bahkan, ada beberapa penyakit yang sebabkan oleh stres ini pada tubuh orang yang mengalaminya. Apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya

1. Pupil Mata Melebar

Fakta pertama mengenai stres yang jarang diketahui ialah ternyata pada pada saat seseorang mengalaminya, maka pupil matanya akan melebar. Hal ini dikarenakan adanya reaksi tubuh terhadap stres, dan itulah reaksi yang ditunjukkan oleh mata.

2. Stres Bisa Menyebabkan Rambut Rontok

Ternyata stres bisa menyebabkan rambut seseorang menjadi rontok. Stres yang disebabkan oleh banyaknya beban pikiran akan dengan mudahnya membuat rambut menjadi rontok. Tentu saja hal ini menjadi permasalahan yang serius dan harus segera ditangani.

3. Stres Mempengaruhi Kesehatan Kulit

Fakta selanjutnya ternyata stres dapat mempengaruhi kesehatan kulit kita. Stres yang dilanda oleh pikiran dapat membuat kulit seseorang terlihat lebih tua. Tidak hanya itu saja, ternyata ada sebuah penelitian terbaru yang mengatakan bahwa stres itu dapat menurunkan kesehatan kulit. Maka dari itu, apabila tidak ingin kesehatan kulit terganggu hindarilah stres.

4. Tertawa Dapat Menurunkan Tingkat Hormon Stres

Ternyata tertawa dapat menurunkan tingkat hormon stres. Hormon stres tersebut di antaranya adrenaline dan cortisol. Tidak hanya itu, tertawa juga dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan kita karen dipercaya dapat meningkatkan hormon lainnya yang terdapat dalam tubuh.

5. Stres Dapat Membuat Kulit Jerawatan

Baca Juga:
Lima Cara Efektif Tingkatkan Konsentrasi Kerja

Jerawat menjadi suatu hal yang mengganggu setiap orang. Ternyata ada begitu banyak penyebab datangnya jerawat, salah satunya adalah akibat adanya kotoran yang terperangkap dalam pori-pori kulit.

Akan tetapi, ternyata stres juga dapat menyebabkan seseorang mengalami jerawat. Hal ini dikarenakan stres akan mengakibatkan peradangan yang dapat meningkatkan produksi sebum dan mempengaruhi timbulnya jerawat.

6. Stres Juga Dikenal dengan Sebutan ‘Silent Killer’

Fakta selanjutnya adalah ternyata stres juga dikenal dengan sebutan silent killer atau pembunuh diam-diam. Hal ini dikarenakan stres bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit yang mematikan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan juga diabetes.

7. Dapat Membuat Darah Mengental

Stres ternyata juga dapat membuat darah mengental. Tentu saja hal ini tidak baik bagi kesehatan tubuh kita dikarenakan dapat menyebabkan pembekuan darah serta penyumbatan pada pembuluh darah.

8. Stres Dapat Mempengaruhi Tingkat Gula Dalam Darah

Fakta selanjutnya adalah ternyata stres dapat mempengaruhi tingkat gula dalam darah. Hal yang demikian inilah dapat menyebabkan mood labil dan juga rasa lemah pada tubuh. Tidak hanya itu saja, stres yang berlebihan juga dapat membuat gula darah naik.

9. Stres Mempengaruhi Aliran Darah Dalam Tubuh

Ternyata stres dapat menyebabkan sebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Penyebabnya ialah karena ketika sedang stres aliran darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik.

Demikianlah informasi mengenai 9 fakta tersembunyi mengenai stres. Ternyata ada begitu dampak negatif yang disebabkan oleh stres ini. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah stres agar tubuh tetap sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here