Ketahui Lima Hal Ini Sebelum Putuskan Untuk Donor Darah

0
99
Donor darah menjadi salah satu aktivitas terpuji yang dapat kita lakukan untuk menolong orang lain, terutama mereka yang membutuhkan. Bahkan dikatakan bahwa apabila seseorang rutin mendonorkan darahnya, maka ia bisa menyelamatkan hidup orang lain.

Berdasarkan data dari WHO, sebanyak 25 persen dari kita membutuhkan tranfusi darah di beberapa titik kehidupan. Terlebih lagi ada banyak manfaat yang akan diperoleh jika sering mendonor darah seperti dapat menurunkan berat badan, mencegah stroke dan masih banyak lagi. 

Ketahui Lima Hal Ini Sebelum Putuskan Untuk Donor Darah 46

Akan tetapi, ternyata sebelum kita memutuskan untuk donor darah, maka kita harus memenuhi syarat tertentu. Selain itu, ada pula beberapa hal yang patut diketahui sebelum melakukan aksi donor darah. Lantas, hal apa sajakah yang perlu diketahui tersebut? Berikut informasinya.

1. Periksa Kesehatan

Sebelum memutuskan untuk donor darah ternyata kita harus terlebih dahulu memeriksa kesehatan diri sendiri. Meskipun bank darah butuh banyak pendonor untuk memenuhi stok mereka, akan tetapi mereka tidak akan menerima pendonor dengan sembarangan.

Hal yang paling ditekankan adalah kesehatan dari si pendonor itu sendiri. Kebanyakan negara mensyaratkan agar pendonor minimal berusia 17 tahun dengan berat kurang leboh 50 kg serta tidak mempunyai masalah terhadap kesehatannya.

2. Pertahankan Kadar Zat Besi

Tidak hanya harus sehat, ternyata ada baiknya sebelum memutuskan untuk menjadi pendonor kita terlebih dahulu memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi. Ada baiknya untuk makan makanan yang rendah lemak dan tinggi zat besi satu jam sebelum donor darah.

Makanan yang dianjurkan untuk menambah kadar zat besi di antaranya adalah Roti gandum, yoghurt non-fat, telur, bayam, dan pisang. Setelah mengkonsumsi makanan tersebut maka akan membuat kita terhindar dari lemas dan pingsan setelah donor darah.

Baca Juga:
Waspada, Inilah Bencana Bagi Muslimah yang Gunakan Celana Panjang

3. Takut Bukan Halangan

Kebanyakan orang tidak mau mendonorkan darahnya karena perasaan takut. Namun sadarilah bahwa donor darah itu tidak menyebabkan sakit yang berlebihan. Maka dari itu, apabila memiliki ketakutan untuk donor darah karena takut akan jarum suntik dan rasa sakit, maka alihkan lah perhatian dengan berbagai cara.

4. Proses Donasi Darah Minim Risiko

Hal yang perlu diketahui selanjutnya sebelum donor darah adalah bahwa proses donasi darah tersebut minim akan risiko. Hal ini dikarenakan setelah donor darah, Anda akan diantar ke ruang istirahat dan setelah itu diberikan makanan kecil seperti teh manis, susu cokelat yang bermanfaat untuk membantu menjaga kadar gula darah agar tidak turun drastis.

5. Minum Banyak Cairan

Hal terakhir yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk donor darah adalah kita harus menghindari latihan berat. Selain itu, kita juga harus banyak mengkonsumsi banyak cairan setelah donor darah tersebut. Akan tetapi hindarilah minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena dapat mengurangi kadar cairan tubuh.

Demikianlah informasi mengenai hal yang harus diketahui sebelum kita memutuskan untuk donor darah. Ketahuilah, donor darah memang kegiatan yang mulia namun kita juga tetap harus memperhatikan keadaan tubuh sebelum melakukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here