Lima Hal Ini Jadi Pemicu Seringnya Merasa Lelah

0
37
Rasa lelah kerap kali menghampiri siapa saja yang memiliki banyak aktivitas setiap harinya. Kelelahan ini bisa dialami mulai dari kalangan pelajar, pekerja kantoran hingga bahkan ibu rumah tangga. Banyak orang yang kemudian mengurangi rutinitas agar tidak mudah lelah.
Hal ini dikarenakan rasa lelah yang dialami membuat orang menjadi malas untuk melakukan aktivitas. Akibatnya, banyak pekerjaan mereka yang akhirnya terbengkalai. Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan rasa lelah.
Banyak orang yang menyangka lelah hanya disebabkan oleh kegiatan fisik semata dan kurang istirahat. Namun ternyata, ada beberapa penyebab rasa lelah yang jarang diketahui. Apa sajakah itu? Berikut informasi selengkapnya.

1. Infeksi Urin

Jika anda merasa gampang lelah dan juga merasakan agak sakit dan perih sewaktu buang air kecil, sebaiknya anda segera konsultasikan keadaan itu kepada dokter. Pada beberapa kasus yang disebut Urinary Tract Infection (UTI), penderitanya sering mengalami gampang lelah walaupun tidak melakukan kegiatan yang berlebihan.

2. Pengaruh Diet

Diet merupakan faktor yang bisa menjadikan anda gampang lelah, karena ketika anda melakukan program diet, secara otomatis kalori ataupun asupan gizi yang diperlukan tubuh tidak terasupi secara sempurna. Sebaiknya ketika anda melakukan program diet, anda juga memperhatikan asupan gizi yang anda butuhkan sehingga tidak mengganggu kepada kesehatan anda nantinya.

3. Alergi Makanan

Ketika anda merasa lelah setelah mengkonsumsi sesuatu sebaiknya anda bisa mengingat kembali jenis makanan apa yang membuat anda cepat lelah. Beberapa makanan yang bisa membuat anda alergi makanan bisa menjadi penyebab anda merasa cepat lelah. Sebaiknya mengikuti pola makan yang baik dan sehat merupakan kunci untuk menguranginya.

4. Kelebihan Kafein
Untuk kasus ini biasanya terjadi pada anda yang sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein secara berlebih, seperti kopi dan minuman kafein lainnya.
Peneliti pernah menjelaskan bahwa kafein justri memicu kelelahan terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, itu disebabkan kinerja dari organ dalam yang tidak stabil ketika mengkonsumsi banyak kafein.

5. Dengkuran Pasangan/Teman

Baca Juga:
Tujuh Gaya Hidup Sehat Pencegah Kematian Dini

Ketika anda tidur bersama dengan orang/pasangan yang memiliki kebiasaan mendengkur bisa menjadi salah satu penyebab anda mudah lelah, karena biasanya waktu tidur anda berkurang ketika bersama mereka.

Demikianlah informasi mengenai lima hal yang memicu seringnya seseorang merasa lelah. Ternyata selain karena aktivitas fisik juga dapat disebabkan oleh hal-hal yang menjadi kebiasaan setiap harinya. Untuk itu, alangkah lebih baik apabila menghindari setiap hal yang dapat menyebabkan kelelahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here