Lima Resep Alami Sembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Mudah

0
86
Sakit tenggorokan bisa menyerang siapa saja, mulai dari balita, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Penyebabnya pun beragam mulai dari infeksi bakteri, virus, hingga reaksi terhadap suatu alergi. Ketika mengalaminya, seseorang akan merasa tidak nyaman terutama saat menelan.

Tidak hanya itu, sakit tenggorokan juga dapat menyebabkan beberapa penyakit lainnya seperti demam, radang amandel, flu, hingga pembengkakan kelenjar. Tentu saja hal ini membuat orang yang mengalaminya terasa terganggu. 

Lima Resep Alami Sembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Mudah 49

Hal inilah membuat orang yang mengalaminya langsung ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Namun ternyata, kita tidak perlu repot-repot ke dokter saat mengalami sakit tenggorokan. Sebab ada resep alami untuk sembuhkan diri dari penyakit ini dengan mudah. Bagaimana caranya? Berikut informasinya.

1. Berkumur Dengan Kunyit Dan Air Garam

Cara pertama untuk menyembuhkan sakit tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan kunyit dan juga air garam. Ternyata bahan yang sederhana ini mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup mencampurkan ¼ sendok teh kunyit dan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur. Lakukan hal ini dalam beberapa hari agar hasilnya lebih cepat terasa.

2. Minum Jus Lemon Tanpa Gula

Cara selanjutnya adalah dengan meminum jus lemon tanpa memasukkan gula. Cara membuat resep yang satu ini pun sangat mudah, cukup mencampurkan 2 sendok makan jus lemon ke dalam segelas air hangat. Jangan lupa untuk tidak memasukkan gula ke dalamnya karena akan mengurangi khasiat dari air perasan lemon tersebut. Selanjutnya, konsumsilah 2-3 sehari ketika perut dalam keadaan kosong atau 30-60 menit sebelum makan.

Resep yang satu ini dipercaya dapat meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Hal tersebut disebabkan air perasan jeruk lemon dapat membersihkan lambung serta menenangkan usus. Tidak hanya itu, lemon yang kaya akan vitamin C dan mineral lainnya juga tidak meningkatkan kadar asam dan justru dapat menyembuhkan kadar asam yang berlebihan.

3. Oleskan Minyak Kelapa

Baca Juga:
Inilah Nama-nama yang Pasti Masuk Neraka Menurut Al-Qur’an

Mengoleskan minyak kelapa menjadi resep alami selanjutnya untuk mengurangi iritasi. Minyak kelapa yang satu ini baik untuk kesehatan sebab merupakan antimikroba alami. Maka tidak heran apabila minya ini bisa membunuh semua jenis organisme patogen jika dikonsumsi atau dioleskan ke tubuh.

Cara penggunaaannya pun sangat mudah, cukup menghangatkan 2-3 sendok makan minyak kelapa. Kemudian pijatkan ke tenggorokan sekali atau dua kali sehari. Apabila hal ini rutin dilakukan, maka akan mempercepat sembuhnya sakit tenggorokan yang dialami.

4. Hindari Gula Dan Semua Makanan Olahan

Ternyata gula dan makanan olahan bisa menjadi faktor yang menyebabkan sakit tenggorokan. Gula bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh kita serta dapat memperparah penyakit. Oleh sebab itu, untuk menghindari rasa sakit tenggorokan semakin parah alangkah lebih baik jika mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi gula.

Tidak hanya gula, makanan olahan yang mengandung banyak karbohidrat olahan, lemak trans dan bahan lainnya yang tidak baik bagi tubuh juga dapat memperparah kondisi penyakit yang sedang dialami. Oleh karena itu, alangkah lebih baik untuk menghindari beberapa makanan tersebut.

5. Konsumsi Jus Lemon Dan Jus Sayur

Resep terakhir untuk mempercepat pemulihan dari sakit tenggorokan adalah dengan memperbanyak konsumsi jus lemon dan juga jus sayur. Tentu saja semuanya itu harus dikonsumsi tanpa menggunakan gula. Karena sesuai penjelasan sebelumnya, gula justru dapat memperburuk keadaan.

Demikianlah informasi mengenai lima resep alami sembuhkan sakit tenggorokan dengan mudah. Untuk itu, apabila sudah mulai merasakan gejala sakit pada tenggorokan tidak ada salahnya untuk mencoba resep alami di atas. Tetap jaga pola makan dan juga gaya hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here