Waspada, Lima Masalah Kulit Ini Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya

0
119
Kulit menjadi bagian tubuh yang harus senantiasa dijaga kesehatannya. Hal tersebut dikarenakan kulit sangat sensitif terhadap rangsangan yang berasal dari luar seperti sinar matahari. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan berbagai macam cara agar kesehatan kulitnya tetap terjaga.

Akan tetapi, meskipun berbagai usaha telah dilakukan masih ada saja kemungkinan kulit bisa terkena beberapa masalah yang berakibat munculnya jerawat ataupun sekedar kulit kering dan kasar. Namun ternyata kita tidak boleh menyepelekan hal yang seperti ini.

Waspada, Lima Masalah Kulit Ini Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya 50

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa ada masalah kulit yang sering dianggap sepele namun justru menjadi pertanda penyakit berbahaya. Masalah kulit apa sajakah yang dimaksud tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Jerawat yang Tak Kunjung Lenyap Atau Berdarah Ketika Dipencet

Masalah kulit pertama yang menjadi pertanda penyakit berbahaya adalah jerawat yang tidak kunjung lenyap atau berdarah saat dipencet. Mungkin banyak di antara kita yang pernah mengalami hal ini, namun banyak yang tidak mengetahui bahwa masalah tersebut bisa jadi tanda bahwa anda terkena kanker kulit.

Menurut Bradley S. Bloom, MD, dokter kulit di New York dirinya telah menangani banyak pasien yang memiliki keluhan jerawat tidak juga sembuh. Ternyata setelah diperiksa pasien tersebut didiagnosa terkena karsinoma sel basal atau karsinoma sel skuamosa, yakni dua jenis kanker kulit yang sering terjadi.

Ternyata kanker jenis ini dapat muncul di bagian tubuh manapun, terutama di areal kulit yang sering terkena sinar matahari seperti wajah, lengan dan juga kaki. Tandanya seperti jerawat kecil yang mengkilap atau kulit kering yang mengeras.

2. Bibir Pecah-Pecah Tak Kunjung Sembuh

Tidak hanya jerawat yang tidak kunjung sembuh, ternyata bibir pecah-pecah yang mengalami hal sama juga menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya. Apabila bibir pecah-pecah tidak kunjung sembuh selama satu sampai dua bulan meskipun sudah memakai pelembab, itu bisa menjadi sinyal actinic cheilitis.

Baca Juga:
Tiga Cara Mudah Menjadi Sehat dengan Syariat

Menurut Tsippora Shainhouse MD, instruktur dermatologi di University of Southern California Actinic cheilitis merupakan lesi pra-kanker yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Ternyata, pria memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit ini dikarenakan mereka tidak rutin memakai lip balm.

3. Kulit Kering Tak Membaik Walau Sudah Diberi Pelembab

Menderita kulit kering ternyata menjadi hal yang tidak baik, terlebih lagi apabila kulit tersebut bersisik lebih dari satu bulan. Hal ini dapat menjadi sinyal adanya sinyal pra-kanker yang disebut actinic keratosis (AK).

AK ini biasanya muncul di bagian wajah, telinga dan juga kulit kepala yang botak. Selain itu, hal ini juga dapat muncul pada bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari selama bertahun-tahun.

4. Lipatan Kulit Leher, Selangkangan, Atau Ketiak Berwarna Gelap

Bagian lipatan pada tubuh ternyata juga bisa menjadi pertanda penyakit berbahaya. Hal ini ditandai dengan warna gelap pada lipatan tersebut. Menurut dr. Burka Lipatan kulit yang berwarna gelap dapat menjadi pertanda acanthosis nigricans

Perubahan warna lipatan kulit ini dipicu oleh terlalu banyaknya insulin di dalam darah. Kondisi yang demikian merupakan gejala tubuh sulit memproses gula dan bahkan menjadi gejala diabetes tipe-2.

5. Alis Menipis Atau Kehilangan Rambut Di Tempat Lain

Masalah terakhir pada kulit yang menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya pada tubuh adalah alis yang menipis atau kehilangan rambut di daerah lainnya. Menurut Dr Bowe, apabila kejadian ini terjadi pada diri anda alangkah lebih baik apabila memeriksakannya ke dokter untuk tes darah karena ada kemungkinan tidak atau kurang aktifnya kelenjar tiroid.

Demikianlah informasi mengenai lima masalah kulit yang menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya. Oleh karena itu, mulailah perhatian terhadap segala sesuatu yang terjadi pada tubuh agar tidak menimbulkan penyakit yang membahayakan tubuh

Baca Juga:
Lima Waktu yang Baik Meminum Air Putih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here