Waspadai 4 Kanker yang Menyebabkan Nyeri Luar Biasa

0
34
Kanker merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Sudah banyak korban jiwa yang berjatuhan akibat penyakit yang tergolong sulit untuk diobati ini. Apalagi bila si penderita tidak mengetahui ada kanker yang bersarang di dalam tubuhnya.

Selain itu, rasa nyeri yang diakibatkan oleh kanker menjadi keluhan utama para penderita kanker. Sel-sel abnormal dari kanker tumbuh dan merusak jaringan yang ada di sekitarnya inilah yang mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa.

Namun tidak semua penderita kanker merasakan hal yang sama. Nyeri yang dirasa bergantung pada berbagai faktor seperti lokasi dan penyebab kanker, termasuk efek samping dari pengobatan. Ada beberapa jenis kanker yang mengakibatkan sakit dan nyeri pada penderita. Berikut informasi selengkapnya.

1. Kanker Perut
Kanker perut atau lambung menjadi jenis kanker yang paling mudah terdeteksi. Namun biasanya penderita baru menyadari adanya kanker setelah sel-sel kankernya menyebar. Gejala awal kanker perut antara lain nyeri pada perut, berat badan turun, dan rasa panas di dada.

Rasa nyeri yang lebih menyakitkan akan semakin terasa ketika stadium kanker semakin naik, tergantung pada penyebarannya. Kanker ini juga dapat menyebar ke usus sehingga membutuhkan tindakan operasi dengan segera.

2. Kanker Pankreas
Kanker yang satu ini adalah tipe kanker yang jarang menimbulkan gejala walaupun sudah menyebar ke organ lain. Kanker pankreas seringkali ditemukan pada stadium lanjut. Kanker ini biasanya menyebar ke tulang dan kelenjar limpa, namun juga bisa menyebar ke bagian tubuh mana saja.

Sumber utama nyeri yang paling sering dikeluhkan adalah dari tulang yang dekat dengan prostat seperti panggul, paha dan punggung bawah. Rasa nyeri yang timbul bisa berupa sakit yang menusuk-nusuk sehingga penderita kesulitan berjalan.

Baca Juga:
Enam Olahan Minuman Murah ini Dapat Keluarkan Racun

3. Kanker Payudara

Secara umum, kanker payudara tidak menyebabkan nyeri yang luar biasa, namun pada stadium lanjut, sel-sel kanker akan menyebar ke sistem saraf. Hal itu akan menimbulkan nyeri yang intens akibat saraf yang telah dirusak oleh kanker. Terapi kanker seperti kemoterapi juga dapat memperburuk rasa nyerinya.

4. Kanker Otak

Tumor pada bagian otak sebenarnya tidak menyebabkan rasa nyeri karena otak tidak memiliki reseptor nyeri. Tetapi tekanan pada pembuluh darah dan saraf disekitar otak lah yang menyebabkan rasa nyeri tersebut.

Biasanya penderita merasakan rasa sakit yang berat di bagian kepala yang bahkan obat pereda nyeri pun tidak dapat mengurangi rasa sakitnya. Meningitis atau radang selaput otak dan nyeri neuropati dapat diakibatkan oleh tekanan di dekat tulang belakang yang disebabkan oleh tumor otak bahkan yang jinak sekalipun.

Itulah penjelasan mengenai 4 kanker yang menyebabkan nyeri yang luar biasa. Jagalah kesehatan sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit mematikan seperti kanker. Periksakan kesehatan sebelum penyakit yang ada dalam tubuh menjadi semakin parah. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here