Empat Langkah Hindari Stres Saat Dampingi Pasien Kanker

0
91
Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang pada saat ini. Hal tersebut tidak lain dikarenakan sel kanker memiliki penyebarannya yang cukup cepat dengan gejala yang jarang terdeteksi sebelumnya.

Maka tidak heran, orang yang mengidapnya akan merasa kecemasan dan stres yang luar biasa ketika mengetahui dirinya terdiagnosa terkena kanker. Namun, tidak hanya pasien saja yang stres dengan penyakitnya untuk orang yang merawat mereka pun akan merasakan hal yang sama. 

Empat Langkah Hindari Stres Saat Dampingi Pasien Kanker 1

Mendampingi pasien kanker ini jelas menguras banyak energi serta dapat membuat orang tersebut kurang istirahat. Maka tidak heran jika perasaan stres akan dengan mudah menghampiri. Untuk itu, agar tidak terserang stres saat dampingi pasien kanker maka Anda bisa mencoba beberapa cara ini. Cara apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.

1. Rawat Dirimu Sendiri

Hal pertama yang harus diperhatikan bagi kerabat yang mendampingi pasien penderita penyakit kanker agar terhindar dari stres adalah dengan merawat diri sendiri. Terkadang terlalu sibuk kesana-kemari demi memenuhi kebutuhan pasien membuat kita lupa memperhatikan diri sendiri.

Rasa lelah inilah yang akan mempercepat timbulnya stres. Maka dari itu, gunakanlah waktu semaksimal mungkin untuk merawat diri sendiri disela-sela kesibukan mengurus pasien. Ketika ada waktu luang gunakanlah untuk berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, dan melakukan hobi.

2. Jangan Membantu Di Luar Kemampuan

Membantu pasien untuk memenuhi keinginan mereka memang hal yang mulia. Akan tetapi, jika kita terus membantunya akan membuat orang tersebut merasa tidak berdaya. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak begitu berlebihan dalam memberikan bantuan, apalagi jika kita tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi keinginan tersebut.

3. Pelihara Rasa Humor

Baca Juga:
Lima Larangan Setelah Berolahraga yang Sering Diabaikan

Kanker memang menjadi penyakit yang berbahaya, maka tidak heran apabila pengobatannya juga memakan waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit. Hal ini tentu saja membuat orang tersebut merasa stres yang luar biasa. Untuk mengatasinya, usahakan tetap memelihara rasa humor agar orang di sekitar dapat merasa terhibur.

4. Jangan Melakukannya Sendiri

Langkah terakhir yang harus dilakukan untuk menghindari stres ketika mendampingi pasien kanker adalah jangan melakukannya sendiri. Memikul beban sendirian tentu bukanlah perkara yang mudah, maka dari itu jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain.

Demikianlah informasi mengenai empat langkah untuk menghindari stres saat mendampingi pasien kanker. Ketika ada keluarga yang dirawat karena penyakit yang satu ini maka usahakanlah untuk tetap bersabar dan berdoa demi kesembuhannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here