Tiga Langkah Agar Kembali Tidur Setelah Bangun Tengah Malam

0
132
Tidur menjadi salah satu aktivitas yang perlu dilakukan oleh semua orang agar dapat mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas. Tidur yang cukup juga membantu seseorang untuk dapat lebih produktif dalam  menjalankan kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi ada beberapa orang yang memiliki kesulitan tidur di malam hari atau disebut insomnia. Hal ini tentu saja harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun ada pula orang yang bisa tidur dengan teratur namun kerap terbangun di tengah malam dan memiliki kesulitan untuk kembali terlelap.

Hal ini  tentu saja membuat kualitas tidur menurun dan membuat kita tidak fokus menjalankan aktivitas keesokan harinya. Untuk itu anda patut mencoba tiga langkah agar bisa kembali tidur setelah bangun tengah malam. Apa saja langkahnya? Berikut informasinya. 


1.    Tetap Berada Di Tempat Tidur

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika memiliki kesulitan tidur setelah bangun tengah malam menurut Pakar tidur Dr Michael Breus, penulis buku The Power of When adalah dengan tetap berada di tempat tidur.

Usahakan untuk tetap di atas tempat tidur dan memakai selimut. Hal tersebut dikarenakan ketika seseorang yang terbangun setelah tengah malam lalu bergerak entah itu ke dapur ataupun ke kamar mandi maka akan membuat denyut jantung meningkat. Hal tersebut dikarenakan jantung harus memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh. Padahal agar bisa kembali tidur denyut jantung haruslah dalam kondisi rendah.

2.    Jangan Melihat Jam

Selain tetap berada di tempat tidur, beliau juga mengungkapkan bahwa kita tidak diperkenankan untuk melihat jam. Oleh karena itu, apabila ingin meletakkan jam di dalam ruang kamar tidur usahakanlah untuk memasangnya di tempat yang agak sedikit sulit dilihat.

Baca Juga:
Enam Cara Menghadapi Pasangan yang Sedang Cemburu

Hal tersebut dikarenakan kebiasaan untuk melihat jam ketika bangun tengah malam akan membuat otak manusia semakin waspada karena semakin mendekati pagi hari. Oleh sebab itu ada baiknya untuk tidak melihat jam agar kita bisa bangun tepat waktu.

3.    Ambil Napas Dalam Sebanyak 3 Kali

Langkah terakhir yang bisa dilakukan jika sulit kembali tidur setelah bangun tengah malam adalah dengan menari napas dalam sebanyak tiga kali. Hal ini berfungsi untuk membantu menenangkan pikiran serta mengendurkan otot-otot tubuh. Tidak hanya itu, dengan menarik napas dalam juga dapat membuat sistem saraf menjadi lebih santai. Hingga membuat kita bisa kembali tertidur dalam waktu satu menit kemudian.

Demikianlah informasi mengenai tiga langkah agar kembali tertidur setelah terbangun di tengah malam. Semoga informasi ini dapat membantu anda yang mempunyai masalah tidur. Selamat mencoba di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here