Empat Makanan Sehat yang Sering Salah Olah

0
695
Ilustrasi: inspirasidata.com

Mengkonsumsi makanan sehat memang menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Makanan yang sehat dapat membuat kesehatan tubuh lebih terjaga dan tentu saja dapat memperlancar aktivitas sehari-hari.

Maka tidak heran apabila kita dianjurkan untuk senantiasa mengkonsumsi makanan sehat. Ada banyak bahan makanan yang dapat diolah menjadi menu sehat, seperti sayuran, buah, atapun daging. Berbagai jenis bahan tersebut diolah sedemikian rupa dan menjadi makanan lezat.

Namun tahukah anda sebenarnya selama ini ada beberapa bahan makanan sehat yang justru sering diolah dengan cara yang salah? Bukan membuat sehat, cara tersebut justru dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Bahan makanan apa saja yang sering salah dalam pengolahannya? Berikut informasinya.

1. Ubi
Ubi memang menjadi salah satu bahan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Di dalamnya terkandung vitamin A dalam jumlah besar. Tidak hanya itu di dalam ubi ini juga terdapat antioksidan dan antiinflamasi. Maka tidak heran jika bahan makanan yan satu ini termasuk dalam makanan sehat yang layak untuk dikonsumsi.

Banyak di antara kita yang menjadikan ubi sebagai cemilan di kala berkumpul dengan sanak family. Cara memasak yang paling sering dilakukan adalah dengan digoreng. Padahal sebenarnya ubi yang digoreng ini bukanlah cara mengolah yang baik, sebab penggorengan justru akan menambah lemak serta kalori. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengolah ubi dengan cara di rebus dan jangan menambahkan butter atau gula.

2. Kacang-Kacangan

Keluarga kacang-kacangan juga menjadi bahan makanan sehat yang juga harus dimasukkan dalam menu masakan keluarga. Hal tersebut dikarenakan jenis makanan yang satu ini kaya akan protein dan juga serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun banyak orang yang justru membeli kacang di dalam kemasan kalengan. Padahal sebenarnya kacang kalengan ini justru mengandung banyak garam yang tidak baik bagi kesehatan.

3. Apel

Apel menjadi buah-buahan yang juga favorit bagi sebagian orang. Selain rasanya yang manis buah ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin dan serat. Namun ternyata tidak hanya buahnya, bahkan kulit dari buah yang satu ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Akan tetapi sangat disayangkan banyak orang yang memilih mengkonsumsi isinya saja dan membuang kulitnya. Padahal, mengkonsumsi apel paling baik adalah bersama kulitnya, tapi ingat pilih apel organik agar terjamin kualitasnya.

4. Brokoli

Sayuran brokoli menjadi salah satu sayuran sehat yang harus dikonsumsi. Ada banyak cara untuk mengolah sayuran yang satu ini, salah satunya adalah dengan cara direbus. Namun ternyata teknik memasak tradisional yang satu ini justru dapat menghilangkan gizi yang terdapat di dalam brokoli. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengkukus atau menumis brokoli agar tetap sehat saat dikonsumsi.

Demikianlah informasi mengenai kesalahan dalam mengolah empat bahan makanan sehat yang sering dilakukan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk lebih berhati-hati dalam mengolah makanan agar kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga sehingga kita juga bisa merasakan manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here