Waspadai, 6 Bahaya Terlalu Banyak Tidur

0
119
Tidur menjadi salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dari segala rutinitas yang dilakukan sepanjang hari. Kebiasaan tidur yang cukup ternyata juga memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, kita juga akan menjadi lebih produktif dan fokus dalam menjalani aktivitas.

Umumnya tidur yang cukup itu berkisar antara 7 sampai dengan 8 jam perharinya. Jika kita terbiasa dengan waktu tidur ini maka akan sangat membantu dalam menurunkan beberapa risiko penyakit seperti obesitas, diabetes dan beberapa penyakit lainnya.

Namun demikian, kita tidak dianjurkan untuk tidur melebihi porsi misalnya lewat dari 8 jam perharinya. Hal ini dikarenakan terlalu banyak tidur ternyata dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Penyakit apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya. 


1.    Anda Berisiko Lebih Tinggi Terkena Penyakit Jantung

Ternyata orang yang terlalu banyak tidur itu berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang waktu tidurnya sesuai porsi. Kebiasaan tidur lebih dari delapan jam memiliki konsekuensi yang sama dengan mereka yang kurang tidur yakni peluang umur menjadi lebih pendek sebesar 34 persen.

Hal ini tentu harus menjadi perhatian serius, terutama bagi kaum wanita. Sebab berdasarkan penelitian dari Norwegian University of Science and Technology mengungkapkan bahwa wanita lebih rentan terkena risiko ini dibandingkan kaum pria.

2.    Berat Badan Lebih Cepat Naik

Orang yang sering kelebihan waktu tidur tidak hanya berisiko untuk terkena penyakit jantung, namun juga bisa membuat berat badan cepat naik dan akhirnya menyebabkan obesitas. Teori mengungkapkan bahwa terlalu lama tidur akan membuat seseorang lebih sedikit bergerak dan juga metabolism tubuh menjadi lebih lambat hal ini ternyata membuat tubuh kita menjadi lebih mudah menyimpan lemak.

Baca Juga:
Ingin Buat Pria Terpesona? Hindarilah Sikap Seperti Ini

Berat badan yang meningkat ini lama kelamaan dapat menyebabkan obesitas. Obesitas sendiri dapat mengakibatkan seseorang mengalami risiko penyakit berbahaya lainnya seperti stroke, jantung, tekanan darah tinggi serta diabetes.

3.    Risiko Diabetes Naik
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa terlalu banyak tidur dapat membuat seseorang mengalami obesitas. Maka dari itu, orang yang terbiasa tidur dengan waktu yang lama harus mewaspadai risiko terkena diabetes. Hal ini dikarenakan terlalu lama tidur dapat meningkatkan kadar gula darah dan berisiko terkena diabetes tipe-2.

4.    Daya Konsentrasi Berkurang

Bahaya selanjutnya yang akan dialami oleh orang yang terlalu banyak tidur adalah daya konsentrasi berkurang. Hal ini dikarenakan menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society tidur dengan waktu yang panjang dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama akan membuat otak menjadi lebih dua tahun dari pada usia sebenarnya.

5.    Anda Berada Di Risiko Kematian Dini

Bahaya yang paling menakutkan dari terlalu banyak tidur adalah anda berisiko untuk mengalami kematian dini. Hal ini berdasarkan studi epidemiologi skala besar yang menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur dapat mengakibatkan orang tersebut meninggal dunia sebelum waktunya.

6.    Suasana Hati Menjadi Kacau

Ternyata terlalu lama tidur juga berdampak pada psikis seseorang. Mereka yang berlebihan waktu untuk tidur dapat menderita depresi jenis tertentu. Tidak hanya itu, kebanyakan tidur juga dapat membuat suasana hati menjadi kacau serta mudah murung.

Demikianlah informasi mengenai enam bahaya tidur yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, tidurlah tepat waktu dan sesuai dengan porsinya jangan kurang ataupun lebih. Sebab keduanya juga memiliki dampak yang hampir serupa. Jaga selalu kesehatan dengan istirahat yang cukup di rumah.

Baca Juga:
Waspada, Lima Masalah Kulit Ini Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here