Cara Mudah Jaga Kesehatan dan Kekuatan Kuku

0
119
Kuku menjadi salah satu bagian dari tubuh yang tidak lepas dari perawatan terutama bagi kaum hawa. Maka tidak heran banyak di antara mereka yang rela merogok kocek demi mendapatkan kuku yang sehat dan juga kuat.

Untuk mempercantik kuku tersebut ada beragam cara dilakukan salah satunya adalah dengan mengecatnya. Warna warni cat kuku ini memang terlihat cantik, namun ternyata juga ada dampak yang dapat ditimbulkan.

Ada beberapa cat kuku yang justru dapat menyebabkan infeksi jamur kuku. Selain itu juga jika tidak dijaga dan dirawat akan membuat kuku mudah rapuh. Untuk itu, Dana Stern, spesialis kulit dan kuku dari New York City memberikan beberapa tips agar kuku tetap sehat dan kuat. Tips apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya. 


1. Pakai Sarung Tangan Saat Cuci Piring

Cara pertama agar mendapatkan kuku yang sehat dan kuat adalah dengan mencegah kuku tersebut terkena air dalam jangkan waktu yang lama. Menurut Stern, kuku dapat menyerap air lebih cepat dibandingkan kulit.

Terlalu sering kontak dengan air akan membuat kuku menjadi mudah lemah dan rapuh hingga membuatnya gampang patah. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, usahakanlah untuk menggunakan sarung tangan ketika mencuci piring.

2. Dipoles Supaya Kuat

Cara selanjutnya adalah dengan memoles kuku supaya kuat salah satu caranya adalah dengan menggunakan kutek. Lapisan pada kutek ternyata dapat membantu dalam melindungi kuku dan menjaga sel-sel kuku agar tetap kuat

Namun menurut Stern akan lebih baik jika kutek atau cat kuku yang digunakan itu tidak mengandung dibutyl phthalate, toluene, formaldehyde, kamper, dan bahan kimia formaldehyde resin. Ada baiknya untuk memoleskan base coat dan topcoat pada kuku untuk menambah perlindungan dan kekuatan kuku.

Baca Juga:
Tujuh Dampak Buruk Perceraian Terhadap Anak

3. Hindari Aseton

Untuk anda yang kerap bosan dengan warna cat kuku dan ingin menghapusnya, jangan pernah menggunakan zat aseton. Hal tersebut dikarenakan penghilang cat kuku ini justru menjadi musuh no 1 untuk kesehatan kuku.

Aseton ini ternyata dapat menjadi penyebab kuku mudah rapuh dan juga menjadi kering. Untuk itu, Stern menyarankan agar tidak menggunakan pembersih cat kuku lebih dari dua kali seminggu. Apabila terpaksa melakukannya, maka sebisa mungkin menggunakan pembersih yang bebas aseton.
nnya.

4. Hindari Hand Sanitizer


Hand sanitizer dianggap sebagai cairan pembersih tangan yang dapat membunuh kuman. Namun ternyata penggunaan cairan yang satu ini justru dapat menjadi penyebab hilangnya kelembaban pada kuku. Untuk itu jika hendak membersihkan tangan ada baiknya untuk menggunakan sabun berpelembab.

5. Oleskan Minyak Kutikula

Cara selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak kutikula pada kuku. Kutikula sendiri merupakan lapisan pelindung alami kuku, apabila kita merusak lapisan ini maka akan dapat melemahkan kuku dan membuat kita berisiko terinfeksi bakteri. Minyak kutikula sendiri berfungsi untuk melembabkan kuku agar kembali kuat.

6. Minum Suplemen Biotin

Perawatan dari dalam ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kuku kita. Salah satu cara untuk menjaga kuku dari dalam adalah dengan mengkonsumsi suplemen biotin. Menurut Stern, meminum vitamin B 2-3 mg perhari selama empat hingga enam bulan dapat membantu dalam melindungi kuku.

7. Ubah Pola Makan

Selain mengkonsumsi suplemen biotin hal yang juga perlu diperhatikan adalah menjaga pola makan. Ubahlah pola makan dengan memperbanyak mengkonsumsi protein seperti kacang-kacangan, telur, almond an salmon . Fungsi dari makanan tersebut adalah untuk membantu menguatkan kuku.

Demikianlah informasi mengenai cara menjaga kekuatan dan kesehatan kuku dengan mudah. Rawatlah selalu kuku agar terhindar dari rapuh, dan patah serta infeksi bakteri agar kesehatannya tetap terjaga. Selamat mencobanya di rumah.

Baca Juga:
Awas, Tujuh Kebiasaan Ini Dapat Rusak Kecantikan Wajah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here