Inilah Tiga Pelajaran Hidup dari Khadijah

0
114
Ilustrasi: aihanifah.com

Khadijah merupakan salah satu sosok wanita yang sangat berperan penting dalam agama Islam. Dirinya adalah istri Rasulullah SAW yang memiliki keimanan yang luar biasa kepada Allah SWT. Dukungannya dalam memperjuangkan agama Islam berbalas surga untuknya di akhirat kelak.

Dikenal sebagai sosok yang kaya raya, cantik nan rupawan ternyata tidak membuat dirinya menjadi orang yang sombong. Meskipun banyak saudagar kaya yang hendak meminangnya, namun ia justru memilih Nabi Muhammad yang sederhana untuk dijadikannya suami.

Cerita kehidupan Khadijah memiliki banyak pelajaran yang dapat dipetik oleh umat Islam masa kini. Terutama sekali sifat dan sikap beliau semasa hidup di dunia. Lantas, pelajaran hidup apa saja yang dapat kita ambil dari seorang Khadijah? Berikut informasi selengkapnya.

1. Orang yang Dermawan

Seperti yang kita ketahui dari kisah hidup Khadijah bahwa ia merupakan orang yang kaya. Akan tetapi kekayaannya tersebut tidak membuat dirinya menjadi sosok yang pelit terhadap sesama. Sebaliknya, ternyata semasa hidup Khadijah kerap membantu warga miskin dengan kekayaan yang dimilikinya tersebut.

Latar belakang keluarga yang kaya raya juga menjadikan dirinya sosok yang dihormati oleh kaumnya. Namun lagi-lagi hal ini tidak membuat dirinya menjadi angkuh terhadap sesama. Justru Khadijah memiliki sifat rendah hati yang patut kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Sosok Istri yang Ideal

Dikenal sebagai wanita rupawan dan juga kaya raya ternyata membuat Khadijah menjadi salah satu wanita yang digilai oleh kaum pria. Namun hal ini tidak membuat dirinya menjadi budak nafsu dunia, dirinya tetap menjaga kesucian dan kehormatannya.

Khadijah pernah menikah 2 kali pernikahan, pertama dengan Abu Halah bin Zurarah at-Tamimi yang kemudian meninggal dunia dan juga Atiq bin ‘Aid Al-Makhzumi yang juga meninggal dunia. Kemudian setelah itu, dirinya menolak seluruh pinangan dan hanya fokus untuk mengurus anak dan bisnisnya.

Namun, setelah beliau mendengar kisah mengenai Nabi Muhammad SAW dirinya merasa jatuh cinta dan menikahlah mereka. Dalam perjalanan rumah tangganya, Khadijah senantiasa mendukung suaminya. Terlebih lagi ketika waktu menjelang kerasulan Muhammad dan juga saat menyebarkan agama Islam.

Ia percaya dengan apa yang diucapkan oleh suaminya tersebut tanpa harus diberi bukti. Dirinya juga menunjukkan kredibiitas sebagai seorang istri tauladan dengan cara menyiapkan segala keperluan Muhammad di Gua Hira. Khadijah juga senantiasa mendukung perjalanan Rasulullah SAW dalam menyebarluaskan agama Islam.

3. Sosok Pengusaha Sukses

Berasal dari keluarga yang kaya raya ternyata tidak membuat Khadijah menjadi seorang wanita yang pemalas. Kemampuan serta kekayaan yang diperoleh dari sang ayah dimanfaatkan oleh Khadijah untuk mengembangkan bisnisnya. Kemandirian dan kegigihannya dalam menjalankan bisnis membuat Khadijah menjadi salah satu pengusaha yang sukses di kalangan kaumnya.

Demikianlah informasi mengenai tiga pelajaran hidup yang dapat kita petik dari Khadijah. Wanita sholehah dan istri yang penuh bakti kepada suaminya. Semoga kita bisa mengambil hikmah di balik kisah kehidupan beliau. s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here