Tidak Perlu Bahan Kimia, Ini Obat Alami Atasi Asam Urat

0
275
Ilustrasi: obatiasamurat.com

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang kerap kali menyerang mayoritas masyarakat Indonesia. Penyakit yang satu ini ditandai dengan adanya rasa nyeri pada sendi tubuh. Hal ini jelas menjadi sesuatu yang sangat menganggu ketika melakukan aktivitas.

Asam urat sendiri disebabkan karena tubuh menghasilkan asam urat berlebih sehingga menimbulkan peradangan di areal tertentu, penyebab lainnya yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mereka yang sudah merasakan penyakit ini tentu akan mencari cara mengobatinya.

Mengkonsumsi obat-obatan alami menjadi salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini. Obat alami lebih banyak dipilih daripada obat yang mengandung bahan kimia karena dianggap lebih aman. Lantas obat alami apa saja yang patut dicoba untuk atasi asam urat? Berikut ulasannya.

1. Ceri

Bahan alami pertama yang bisa dicoba untuk mengobati asam urat adalah buah ceri. Ternyata ceri memiliki sifat anti inflamasi yang telah dibuktikan dapat mengatasi asam urat. Selain itu, kandungan allopurinol yang terdapat di dalam buah ceri juga dapat mengurangi kadar asam urat di tubuh kita. Untuk cara konsumsinya adalah dengan memakan sekitar 15-20 buah ceri setiap hari. Selain itu, anda juga bisa meminum segelas jus ceri untuk mengurangi rasa sakit serta peradangan.

2. Cuka apel

Selain buah ceri, cuka apel ternyata juga efektif untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat. Memiliki sifat inflamasi yang sama dengan ceri, membuat kita wajib mencoba alternatif yang satu ini. Cara konsumsinya pun sangat mudah, hanya perlu meminum 1 sendok makan cuka apel menggunakan air hangat dan ditambah sedikit madu. Dapat dikonsumsi setiap pagi hari agar mengurangi rasa sakit karena peradangan.

3. Pisang

Pisang ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengurangi asam urat. Kandungan potasium yang terdapat di dalam pisang dapat membantu mengubah kristal asam urat menjadi cair yang kemudian memudahkan tubuh untuk mengeluarkannya. Oleh karena itu, konsumsilah minimal 2 buah pisang setiap harinya.

4. Jahe

Jahe menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Mengandung berbagai senyawa anti inflamasi membuat jahe dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang dialami oleh para penderita asam urat. Caranya adalah dengan meminum air rebusan jahe alami setiap pagi.

5. Lemon

Obat alami terakhir yang dapat dicoba untuk mengatasi asam urat adalah lemon. Kandungan vitamin C di dalam lemon dapat membantu dalam menetralisir kelebihan kadar asam urat di dalam tubuh. Caranya pun sangat mudah yakni dengan memeras setengah lemon dan dicampur dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakitnya.

Demikianlah informasi mengenai obat alami yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi asam urat. Jangan sepelekan penyakit yang satu ini, oleh sebab itu ada baiknya segera mencegah dengan mengkonsumsi obat alami di atas dan tentu saja menjaga pola makan dan terapkan gaya hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here