Inilah Enam Penyakit Berbahaya Akibat Sering Tidak Teratur Makan

0
37
Ilustrasi: hellosehat.com

Makan secara teratur menjadi salah satu aktivitas yang harus selalu dibiasakan setiap hari. Waktu makan yang terjaga ini akan membantu kita dalam menjalankan kegiatan dan tentu saja berpengaruh terhadap kesehatan.

Akan tetapi, banyak orang yang saat ini menyepelekan soal waktu makan. Beragam alasan mereka utarakan, dimulai dari pekerjaan yang super padat atau memang sengaja menunda waktu makan hingga pada akhirnya mengalami maag.

Ternyata, tidak hanya penyakit maag saja yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan tidak teraturnya waktu makan. Ada beberapa penyakit yang tergolong bahaya yang dapat menyerang. Penyakit apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.

1. Sindrom Iritasi Usus

Penyakit pertama yang dapat diderita oleh mereka yang sering terlambat makan adalah sindrom iritasi usus. Gejala Anda mengalami penyakit ini adalah adanya kram di perut atau perut yang terasa penuh padahal tidak terisi. Selain itu, penyakit ini juga dapat ditandai dengan adanya rasa nyeri di perut, diare ataupun sembelit.

2. Tukak Lambung

Tukak lambung menjadi penyakit selanjutnya yang dapat menghinggapi orang-orang yang sering terlambat makan. Tukak lambung ini sendiri merupakan kondisi terkikisnya lapisan yang terdapat di dinding lambung.

Tanda Anda terserang penyakit ini adalah nyeri pada perut yang kemudian menyebar hingga punggung, pusar dan leher. Gejala ini akan semakin terasa apabila Anda tidak mengkonsumsi makanan apapun.

3. Penyakit Gula

Secara tidak terduga ternyata sering telat makan dapat menyebabkan penyakit gula. Ternyata ketika seseorang tidak makan dengan teratur maka kadar gulanya akan meningkat dan membuat anda berpotensi terkena diabetes. Hal ini dikarenakan sel-sel tubuh mengalami hambatan saat proses penyerapan glukosa sehingga zat tersebut tertimbun di dalam darah.

4. Malabsorpsi Makanan

Penyakit selanjutnya yang wajib diwaspadai yaitu malabsorpsi makanan. Penyakit saluran pencernaan ini membuat gangguan pada proses penyerapan cairan dan nutrisi dari makanan ke dalam tubuh. Kondisi ini sendiri dipicu oleh makan tidak teratur yang terjadi secara berkepanjangan.

Gejala dari penyakit ini sendiri di antaranya yaitu diare kronis, perut kembung, feses yang berwarna terang dan berbau menyengat, anemia hingga rambut kering dan rontok. Hal ini jelas bukan suatu hal yang baik untuk kesehatan.

5. Maag Kronis

Maag memang menjadi penyakit yang sering menyerang mereka yang tidak teratur waktu makannya. Akan tetapi, apabila sering terjadi maka bisa saja meningkat menjadi maag kronis. Penyakit ini ditandai dengan nyeri pada perut bagian atas karena dinding lambung yang meradang. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus makan bisa saja meningkat menjadi kanker lambung yang jelas sangat berbahaya.

6. Asam Lambung

Penyakit terakhir yang diakibatkan oleh kebiasaan sering telat makan yaitu asam lambung. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri di bagian ulu hati. Rasa nyeri ini jelas mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Demikianlah informasi mengenai enam penyakit berbahaya akibat sering tidak teratur makan. Oleh karena itu, mulai saat ini janganlah menyepelekan perkara waktu makan. Mulai biasakan diri untuk makan tepat waktu agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here