Konsumsi Tujuh Makanan Ini saat Minum Kopi, Sebabkan Penyakit Kronis

0
89
Ilustrasi: cnn.com

Kopi menjadi salah satu minuman favorit bagi masyarakat Indonesia, bahkan ada diantara mereka yang merasa kurang jika belum mengkonsumsi kopi sehari saja. Banyak orang yang percaya bahwa kopi bisa memberikan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, kandungan kafein yang terdapat di dalamnya juga dipercaya dapat mencegah rasa kantuk. Biasanya ada orang yang meminum kopi ditemani dengan beberapa cemilan. Pilhan cemilan ini di antaranya ada gorengan maupun kacang-kacangan.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang justru berbahaya apabila dikonsumsi bersamaan dengan kopi? Tidak hanya itu, bahkan di antaranya dapat menimbulkan penyakit kronis. Makanan apa sajakah yang dimaksud tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu cemilan favorit untuk menemani ketika meminum kopi. Namun ternyata, cemilan jenis ini tidak baik untuk kesehatan kita. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang tinggi di dalam kopi dan lemas serta kolestrol yang terdapat di dalam gorengan ternyata bukan merupakan kombinasi yang baik untuk kesehatan kita.

Salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh kebiasaan ini adalah naiknya gula darah yang kemudian dapat menimbulkan diabetes. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan mengkonsumsi kopi bersamaan dengan gorengan.

2. Masakan Berminyak

Hampir sama dengan kasus kopi dan gorengan, masakan yang berminyak ternyata juga buka merupakan makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat menyeruput kopi. Ada beberapa penyakit kronis yang siap menyerang tubuh di antaranya darah tinggi, kolesterol, hingga diabetes yang dapat menyebabkan kematian.

3. Margarine

Margarine juga menjadi makanan yang tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Kandungan lemak yang terdapat di dalamnya dapat memicu meningkatnya gula darah yang tentu saja menjadi penyebab timbulnya diabetes.

4. Daging Merah dan Ayam Goreng

Daging merah juga termasuk makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Kandungan lemak yang terdapat di dalam daging dapat meningkatkan gula darah sebesar 50 persen yang pada akhirnya bisa membuat kita terserang diabetes.

5. Alkohol

Alkohol memang jarang sekali menjadi teman minum kopi. Tapi ada sebagian orang yang mungkin mengkonsumsinya secara bersamaan. Menurut yang dilakukan oleh Wake Forest University School of Medicine, kombinasi antara kopi dan alkohol dapat menyebabnya resiko mabuk yang cukup tinggi. Apabila kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus maka bisa membuat kerusakan pada organ tubuh dan juga sistem syaraf otak.

6. Makanan Ber-Zat Besi Tinggi

Makanan terakhir yang tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan kopi adalah makanan berzat besi tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi bisa menghambat penyerapan zat besi pada tubuh. Terlebih lagi untuk Anda yang menderita anemia, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi keduanya secara bersamaan. Ini dikarenakan kafein menghambat terserapnya zat besi ke dalam tubuh sehingga mengakibatkan penderita anemia mengalami sakit kepala dan perut muat.

Demikianlah informasi mengenai tujuh makanan yang tidak baik dikonsumsi saat meminum kopi karena dapat menyebabkan penyakit kronis. Ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan di atas beberapa jam setelah meminum kopi, agar tubuh Anda tidak dihantui oleh penyakit berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here