Ternyata Ini Lima Dampak Negatif Sering Konsumsi Beras Merah

0
1158
Ilustrasi: ruang.info

Beras merah menjadi salah satu jenis makanan yang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini. Hal tersebut dikarenakan beras merah dipercaya dapat membantu proses diet. Maka dari itu, beras merah mulai banyak dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Dibandingkan beras putih, ternyata beras merah mengandung lebih sedikit gula dan tinggi akan nutrisi. Karena baik untuk program diet, maka beras jenis ini jelas mencegah obesitas serta mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

Akan tetapi, di balik banyak manfaat beras merah ini masih ada saja dampak negatif yang akan Anda peroleh apabila mengkonsumsinya secara berlebihan. Bahkan di antara efek sampingnya, ada yang patut Anda waspadai. Lantas dampak negatif apa saja yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.

  1. Gangguan Pencernaan Lambung

Dampak negatif pertama yang akan diperoleh apabila mengkonsumsi beras merah secara berlebihan adalah gangguan pencernaan lambung. Seperti yang diketahui bahwa beras merah itu mengandung asam fiktat dan senyawa lektin. Dua kandungan ini apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat gangguan penyerapan zat-zat mineral dalam tubuh.

Asam fiktat dan lektin dapat mempersulit protein untuk dicerna oleh tubuh. Hal ini menyebabkan terganggunya sistem pencernaan yaitu lambung. Pertanda Anda mengalami gangguan lambung ini biasanya diawali dengan luka serta peradangan.

2. Gangguan mental

Selain gangguan pencernaan ternyata mengkonsumsi beras merah secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental. Di dalam beras merah ini terdapat zat leaky gut syndrome yang bisa menyebabkan rusaknya jaringan usus dan gangguan aliran darah.

Hal ini membuat bakteri atau mikroba lain untuk mengurai dan meningkatkan resiko munculnya gangguan pada saraf, pembulh darah serta jaringan otak, akibatnya bisa menyebabkan gangguan kelainan pada mental.

3. Reaksi alergi

Beras merah memang baik untuk dikonsumsi jika tidak terlalu berlebihan. Akan tetapi, apabila dalam proses memasaknya tidak dicucui dengan bersih dapat menyebabkan efek samping dalam bentuk reaksi alergi. Bentuk reaksi alergi ini bisa berupa ruam kemerahan yang gatal, maka dari itu cucilah beras yang hendak dikonsumsi sampai bersih.

4. Badan Kurus

Beras merah ini memiliki kalor dan lemak yang rendah, serta sedikit karbohidrat yang mampu menahan rasa lapar hingga membuat kita kehilangan selera makan. Apabila kebiasaan mengkonsumsi beras merah ini dilakukan terus menerus tanpa diimbangi gizi seimbang lainnya maka bisa membuat tubuh kekurangan gizi. Hal ini jelas akan membuat kita semakin kurus dan bisa saja membuat kita merasa lemas dalam melakukan aktivitas.

5. Mengandung Timbal, Arsenik dan Kadmium

Dampak negatif lainnya dikarenakan beras merah ini rawan akan mengandung zat-zat berbahaya seperti timbal, arsenik, dan kadmium. Hal ini berhubungan ketika penyimpanan langsung yang kurang baik seperti tempat yang kotor.

Apabila dibiarkan secara terus menerus maka bisa membuat kita keracunan timbal yang jelas tidak baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung timbal dapat mencederai dinding saluran usus dan juga bisa memicu ganggguan pencernaan.

Demikianlah informasi mengenai lima dampak negatif konsumsi beras merah. Oleh sebab ini, mulai saat ini lebih bijaklah dalam mengkonsumsi beras merah. Jangan terlalu berlebihan serta olahlah bahan makanan tersebut dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan efek buruk di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here