Kenali Berbagai Macam Faktor Orang Memililh Berhijrah

0
190
infophoria
Ilustrasi: mediaumat.news

Hijrah menjadi sebuah kata yang banyak digaungkan saat ini. Kata hijrah sendiri memiliki pengertian meninggalkan. Sedangkan secara istilah diartikan meninggalkan daerah kafir menuju daerah Islam karena khawatir adanya fitnah dan akibat-akibatnya.

Salah satu bentuk hijrah yang baik adalah dengan meninggalkan keburukan menuju kebaikan, dari maksiat menjadi taat. Pada intinya, hijrah menjadi upaya seseorang dengan kerelaan untuk meninggalkan apa yang dicintainya demi mengharap ridha Allah Ta’ala.

Mungkin saat ini anda sedang bersemangat untuk mempelajari hal yang berkaitan dengan hijrah. Akan tetapi, sebelum lebih jauh ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu faktor yang melatarbelakangi seseorang untuk berhijrah. Berikut informasi selengkapnya.

1. Berhijrah Karena Allah

Faktor pertama yang menyebabkan orang ingin berhijrah adalah karena Allah SWT. Hal ini dilakukan agar mendapatkan rahmat serta ridha-Nya. Berhijrah karena Allah harus menjadi motif utama ketika seseorang memilih untuk berhijrah.

Dari Sahabat Umar bin Khaththab ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda, ‘Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya dan sesungguhnya setiap orang itu akan mendapatkan apa yang dia niatkan. Barang siapa hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya maka hijrahnya sesuai ke mana dia hijrah.’” (HR. Bukhari & Muslim)

Ketika seseorang melakukan hijrah karena Allah, maka tujuannya jelas yaitu ingin mendapatkan keridhaan Allah SWT. Tentu dalam proses ini ada begitu banyak godaan yang menyertainya, namun selalu kuatkan hati agar tidak mudah tergoda dengan rayuan duniawi seperti dulu lagi.

Baca Juga:
Awas, Enam Perbuatan Ini yang Dapat Hilangkan Pahala

2. Berhijrah Karena Harta dan Wanita

Faktor kedua yaitu karena harta dan wanita. Seseorang terkadang ada yang memilih untuk berhijrah demi bisa menikahi wanita pujaannya. Ada pula yang berhijrah karena harta yang akan didapatkannya kelak. Maka apabila demikian, seperti hadist di atas mereka akan mendapatkan sesuai dengan niat hijrahnya.

Terkait hijrah demi mendapatkan wanita ini terdapat riwayat yang menjadi penjelasan terhadap turunnya hadist Nabi di atas. Konon ketika turun perintah untuk berhijrah dari Mekkah ke Madinah kepada Nabi dan pengikutnya, ada seorang pemuda yang turut berhijrah agar dapat menikahi seorang wanita.

Ada pada saat ini wanita bernama Ummu Qais yang menyatakan bahwa dirinya tidak mau dinikahi oleh orang yang tidak mau berhijrah. Karena hal tersebut si pria memilih berhijrah dan kemudian menikahi wanita ini. Namun alangkah lebih baiknya apabila hijrah kita didasari oleh ingin mendapatkan keridhaan dari Allah.

3. Berhijrah Karena Tren

Faktor yang menyebabkan seseorang melakukan hijrah selanjutnya adalah karena ingin mengikuti tren. Banyak kita jumpai saat ini terutama dikalangan selebriti yang mengatakan ingin berhijrah dan mengubah penampilannya.

Dari yang awalnya berpakaian terbuka lalu menutup aurat dan menggunakan jilbab. Hal ini tentu sangat bagus sekali, karena menjadi pembelajaran yang baik bagi para penggemarnya. Namun, tidak semua orang yang istiqomah dalam menjalankannya. Ada di antara mereka yang kembali membuka aurat seperti semula dengan alasan ingin menjadi diri sendiri dan lain sebagainya.

Kesan wanita yang berhijrah ini hilang begitu saja, itulah hijrah yang dilakukan jikalau hanyak mengikuti tren saja. Maka dari itu, berusahalah untuk tetap istiqomah dalam berhijrah dan jangan pernah bosan untuk belajar.

Baca Juga:
Waspadai Ancaman Bagi Muslim yang Tinggalkan Sholat Jumat dengan Sengaja

4. Berhijrah karena Ingin Mendapatkan Teman

Faktor terakhir yang menyebabkan orang berkeinginan untuk berhijrah adalah karena ingin mendapatkan teman atau relasi. Orang yang demikian ini biasanya telah hidup dalam lingkungan orang yang berhijrah lebih dahulu.

Untuk menjaga tali persahabatan tersebut maka orang ini pun perlahan-lahan ikut berhijrah. Seperti yang kita ketahui bahwa sahabat itu dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Maka dari itu, pandai-pandailah dalam pertemanan dan memilih relasi agar tetap berada di jalan Allah SWT.

Demikianlah informasi mengenai faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan hijrah. Sebaiknya ketika kita berkeinginan untuk berhijrah harus dimulai dengan niat karena Allah dan Rasul-Nya itulah motif hijrah yang terbaik. Semoga kita menjadi salah satu mukmin yang istiqomah dalam berhijrah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here