Inilah Bahaya Perbuatan Syirik yang Jarang Diketahui

0
116
infophoria
Ilustrasi: radiotarbiyahsunnah.com

Syirik menjadi salah satu perbuatan dosa yang terkadang kita lakukan tanpa sadar. Syirik diartikan sebagai suatu perbuatan menyembah dan berdoa kepada selain Allah SWT. Dikatakan akan mendapatkan dosa dan kezaliman yang paling besar apabila kita melakukan perbuatan ini.

Ada banyak perbuatan yang termasuk ke dalam kategori syirik di antaranya adalah berdoa atau memohon kepada orang mati, benda keramat, kuburan, dan lain sebagainya. Ada pula orang yang melakukan ritual untuk kekebalan yang bekerja sama dengan jin serta penggunaan jimat.

Masih ada banyak lagi perbuatan syirik lainnya yang kerap terjadi di lingkungan sekitar kita. Perlu anda ketahui, bahwa ada begitu banyak bahaya yang akan kita dapatkan apabila melakukan perbuatan syirik. Selain tentunya akan memperoleh dosa, ada beberapa hal lain yang akan langsung ditimpakan selama hidup di dunia. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Tidak Akan Diampuni Dosanya

Orang yang berbuat syirik tidak akan diampunkan dosanya oleh Allah SWT apabila ia tidak bertobat kepada-Nya. Terlebih lagi apabila orang tersebut meninggal dalam keadaan musyrik maka neraka akan menjadi tempat peraduannya di akhirat kelak. Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah (berbuat syirik), maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” [An-Nisaa’: 48]

2. Haram Masuk Surga

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa orang yang melakukan perbuatan syirik atau dikenal sebagai orang musyrik akan dijebloskan ke dalam neraka. Hal itu terjadi karena Allah mengharamkan surga bagi pelaku perbuatan syirik. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Waspada, Inilah 11 Alasan Jin Mengganggu Manusia

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan Surga kepadanya, dan tempatnya adalah Neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong pun.” [Al-Maa-idah: 72]

3. Menghapus Seluruh Pahala Amal Kebaikan

Bahaya selanjutnya ialah terhapusnya seluruh pahala amal kebaikan yang selama ini dilakukan di dunia. Meskipun semasa hidup orang tersebut baik terhadap sesama, gemar tolong menolong namun tetap menjalankan perbuatan syiriknya maka terhapuslah pahala kebaikan tersebut. Allah berfirman:

“Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.” [Al-An’aam: 88]

4. Tersesat di Dunia dan Akhirat

Orang yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah SWT akan tersesat selama di dunia dan juga akhirat. Tersesat dalam artian jauh dari cahaya iman dan Islam, setiap perbuatannya ditunggangi oleh syaiton yang membawanya ke keburukan.
“Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS. An Nisa’: 116)

5. Senantiasa Merasa Khawatir dan Tidak Aman

Orang yang gemar melakukan perbuatan syirik akan dijauhkan rasa aman serta senantiasa merasa khawatir dalam melakukan aktivitasnya di dunia. Allah berfirman:

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al An’am: 82).

6. Allah dan Rasul Berlepas Diri Darinya

Sebuah bahaya besar menghantui orang yang melakukan perbuatan syirik, yakni Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari Allah tersebut. Allah berfirman:

Artinya: “Dan (inilah) suatu permakluman dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrikin”. (QS. At Taubah: 3).

Baca Juga:
Tujuh Hal Tentang Neraka yang Harus Diketahui

Demikianlah informasi mengenai bahaya perbuatan syirik yang jarang diketahui. Sebagai kaum mukmin kita harus bisa menghindarkan diri dari segala sesuatu yang berbau syirik dan perbuatan yang dilarang Allah dan Rasul-Nya. Berdoalah agar Allah senantiasa memberikan hidayah-Nya kepada kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here