Waspadai Ancaman Bagi Muslim yang Tinggalkan Sholat Jumat dengan Sengaja

0
130
infophoria
Ilustrasi: madeblog.com

Sholat jumat menjadi salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh kaum muslim. Oleh karena itu, sebagai muslim yang sehat tidak ada alasan untuk menginggalkan ibadah ini. Terlebih lagi ada begitu banyak keutamaan yang akan diperoleh apabila mengerjakannya dengan ikhlas.

Namun ternyata, masih ada saja orang yang berani meninggalkan perintah mengerjakan sholat jumat. Lebih bahaya lagi, perbuatan tersebut dilakukan secara sengaja dan berlangsung secara terus- menerus. Padahal sejatinya, terselip ancaman dari Allah bagi mereka yang melakukan perbuatan ini.

Kewajiban mengerjakan sholat jumat ini tercantum di dalam Al-Qur’an, sedangkan ancamannya ada di beberapa sabda Rasulullah SAW. Berikut ini informasi mengenai ancaman dari Allah SWT bagi mereka yang dengan sengaja meninggalkan sholat jumat.

1. Allah akan Menutup Hati Mereka

Ancaman pertama dari Allah SWT kepada mereka yang dengan sengaja meninggalkan sholat jumat adalah, Allah akan menutup hati mereka. Hal ini tertuang dalam Sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Sungguh harus berhenti orang-orang yang terbiasa meninggalkan sholat Jum’at, atau sungguh Allah benar-benar akan menutup hati-hati mereka, kemudian sungguh benar-benar mereka akan termasuk orang-orang yang lalai.” (HR. Muslim dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah radhiyallahu’anhuma)”

Sungguh sangat berbahaya ancaman ini. Menutup hati di sini maksudnya adalah Allah akan memberikan azab dengan menimpakan kepada hati orang yang meninggalkan sholat jumat dengan sengaja berupa tertutupnya hati tersebut dari kebenaran. Ini merupakan balasan Allah bagi orang-orang yang lalai dan memalingkan diri dari Perintah-Nya.

2. Allah Akan Mencatatnya Sebagai Orang Munafik dan Lalai

Tidak hanya akan menutup hati orang yang meninggalkan sholat jumat secara sengaja, ternyata Allah juga akan mencatat orang tersebut sebagai golongan orang munafik dan lalai. Hal ini tertuang dalam sabda Rasulullah SAW yang artinya:

Baca Juga:
Terapkan Lima Prinsip Ini Agar Sukses Dalam Berhijrah

“Barang siapa yang meninggalkan shalat jumat tanpa uzur maka akan ditetapkan sebagai orang munafik dalam kitab tidak akan dihapus dan diganti.” (HR. Baihaqi)

“Hendaknya suatu kaum menghentikan perbuatannya meninggalkan shalat jumat jumat atau Allah Swt akan mengunci hati mereka lalu menjadikan mereka benar-benar menjadi orang yang lalai” (HR. Nasai & Ibnu Majah)

3. Membayar Denda Satu Dinar

Hendaknya orang yang meninggalkan sholat jumat sengaja ini membayarkan denda sebanyak satu dinar. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah yang artinya:
Barang siapa yang meninggalkan shalat jumat tanpa uzur hendaknya ia mensedekahkan satu dinar, jika tidak ada maka setengah dinar. (HR. Nasai, Ibnu Majah & Abu Daud)

Menurut Ibnu Hajar, sedekah tersebut tidak akan mengangkat dosa karena meninggalkan shalat jumat akan tetapi diharapkan dengan sedekah tersebut akan diringankan dosa yang telah diperbuat lantaran sengaja meninggalakannya.

Demikian informasi mengenai ancaman Allah SWT bagi orang-orang yang meninggalkan sholat jumat secara sengaja. Janganlah sekali-kali kita meninggalkan perintah Allah secara sengaja, sebab azab Allah itu amatlah pedih. Semoga kita termasuk ke dalam hamba-Nya yang bertakwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here