Inilah Keutamaan Beristighfar Dalam Kehidupan

0
65
infophoria
Ilustrasi: syahida.com

Beristighfar menjadi salah satu amalan yang harus senantiasa kita lakukan setiap hari. Istighfar sendiri diartikan sebagai memohon ampun kepada Allah dari segala dosa yang dilakukan. Bahkan Rasulullah SAW juga biasa melakukan amalan ini walau sejatinya beliau ada orang yang terlindung dari dosa.

Setidaknya Rasulullah membaca kalimat istighfar sebanyak 100 kali perharinya. Bukan hanya sekedar bacaan, namun ternyata ada begitu banyak keutamaan yang akan diperoleh apabila kita kerap melantunkan istighfar.

Keutamaan ini membuat orang semakin bersemangat untuk melakukan amalan beristghfar. Namun tentu saja harus dibarengi dengan tobat dan kesungguhan hati hanya demi mengharap ridha Allah SWT. Lantas, apa saja keutamaan yang akan didapatkan apabila sering beristighfar? Berikut informasinya.

1. Membuka Pintu Rezeki

Ternyata rajin mengamalkan istighfar dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi jalan terbukanya pintu rezeki. Hal ini berdasarkan firman Allah yang artinya:

“Maka aku katakan kepada mereka ‘mohon ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Q.S. Nuh ayat 10-12)

2. Bacaan Bertaubat

Selain membuka pintu rezeki, ternyata istighfar juga menjadi bacaan untuk menggugurkan dosa ketika kita bertaubat kepada Allah. Rasulullah SAW bersabda:

“Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari)

3. Menghilangkan Rasa Malas

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa mengucapkan kalimat istighfar juga dapat menjadi tameng untuk menghilangkan rasa malas yang kerap melanda. Terlebih lagi rasa malas untuk melakukan ibadah kepada Allah. Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:
Waspada, Inilah 11 Alasan Jin Mengganggu Manusia

“Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali.” (HR. Muslim)

4. Dimudahkan Urusannya

Keutamaan selanjutnya yang akan diperoleh orang yang gemar melakukan istighfar adalah Allah SWT akan memudahkan urusannya selama di dunia. Dalam artian Allah akan memberikan jalan keluar apabila kita sedang berada dalam suatu permasalahan. Rasulullah SAW bersabda:

Dari Ibnu Abbas Rasulullah bersabda “Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.”( HR. Ahmad)

Demikianlah informasi mengenai keutamaan beristighfar dalam kehidupan. Maka dari itu, amalkanlah bacaan ini dalam kehidupan sehari-hari, agar kita senantiasa mendapatkan ampunan dari Allah, pahala serta berbagai keutamaan yang akan diperoleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here