Jauhi Menu Sahur dan Buka ini agar Terhindar dari Serangan Jantung

0
17
infophoria
Ilustrasi: faktualnews.co

Jantung merupakan organ yang mempunyai kedudukan penting dalam badan manusia. Oleh sebab itu, kesehatannya perlu terus dipelihara supaya bebas dari bermacam gangguan maupun penyakit.

Melindungi kesehatan jantung dapat dilakukan melalui beberapa metode, salah satunya menjalankan pola hidup serta pola makan sehat. Berpuasa di Bulan Ramadan dapat jadi titik di mana kita berkomitmen kembali mempraktikkan pola makan sehat.

Oleh sebab itu, penting buat memilah menu sahur serta buka yang baik buat mendukung kesehatan jantung. “Berpuasa tentu baik terhadap kesehatan jantung, karena kita bisa berlatih menahan diri dan bisa memilih makanan yang bergizi untuk tubuh kita.”

Demikian diungkapkan oleh Dokter Spesialis Jantung serta Pembuluh Darah, dr. Vito Anggarino Damay Sp. JP(K), M. Kes, FIHA, FICA, FAsCC dalam tahap Kulwap media, Selasa (5/5/2020).

Kemudian, apa saja tipe santapan yang butuh dihindari dikala sahur serta buka demi melindungi kesehatan jantung? Sahur Dianjurkan memilih santapan tinggi serat, semacam sayur-mayur serta karbohidrat kompleks.

Daripada memilih nasi putih, kalian dapat komsumsi nasi merah ataupun roti gandum supaya kenyang lebih lama serta melindungi gula darah lebih konstan.

Bukan berarti kita sama sekali tidak diperbolehkan komsumsi santapan yang digoreng. Tetapi, seimbangkan dengan mengonsumsi sayur-mayur. Tidak hanya tinggi serat, sayur-mayur juga mempunyai kandungan fitosterol yang dapat menolong halangi penyerapan kolesterol jahat dalam usus.

Seperti diketahui, kolesterol tinggi juga tingkatkan risiko serangan jantung. “Jadi usahakan tetap makan sayur dan karbohidrat kompleks kalau bisa, bukan nasi putih,” papar Vito.

Sesudah itu, komsumsi buah seperti kurma untuk memulai buka puasa. Vito memaparkan, kurma memiliki gula sederhana yang sanggup dengan kilat menaikkan gula darah dalam badan.

Baca Juga:
Wow, Enam Mimpi ini Menunjukkan Kondisi Kesehatan

Itu sangat baik sebab keadaan gula darah selama berpuasa cenderung rendah. Jauhi mengawali buka puasa dengan menu yang digoreng, seperti yang biasa dilakukan oleh masyarakat umum.

Tidak hanya lambat memberikan suntikan tenaga buat tubuh, gorengan juga tinggi kalori serta dapat tingkatkan kolesterol jahat.

Kolesterol jahat mampu merangsang penumpukan pada pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung di kemudian hari. “Jadi secara jangka panjang tidak bagus, jangka pendek juga tidak bagus,” lanjut Vito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here