Lima Kesalahan Penggunaan Skincare yang Sering Terjadi

0
9
Infophoria
Ilustrasi: ummi-online.com

Wajah yang cerah dan bersih menjadi salah satu dambaan bagi setiap kaum wanita. Maka tidak heran apabila banyak di antara kita yang rela melakukan berbagai macam perawatan untuk mendapatkan kulit wajah yang demikian.

Salah satu cara perawatan yang kerap dilakukan adalah penggunaan skincare. Saat ini ada begitu banyak produk skincare berbagai merk yang beredar di pasaran. Namun terkadang ada wajah beberapa orang yang justru berjerawat atau kemerahan ketika menggunakan skincare.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan anda tidak cocok dengan produk atau karena adanya kesalahan dalam penggunaan skincare tersebut. Oleh sebab itu, anda harus mewaspadai kesalahan yang kerap dilakukan dalam menggunakan skincare. Berikut informasi selengkapnya.

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka dianggap sebagai langkah awal untuk membersihkan wajah dari kotoran. Namun jangan terlalu sering mencuci muka terlebih lagi apabila dalam kondisi berjerawat. Mengutip laman Verywell Health, hal ini dikarenakan kulit Anda akan kehilangan minyak alami yang dibutuhkan agar kulit tetap lembap. Hasilnya, kulit menjadi terlalu kering, kemerahan, bahkan mengelupas.

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya apabila mencuci muka tidak lebih dari 2 kali sehari. Adapun waktu yang tepat untuk melakukannya adalah ketika pagi dan malam hari. Lakukan secukupnya untuk membersihkan kotoran yang menempel.

2. Menggunakan Produk yang Tidak Sesuai Jenis Kulit

Seperti yang kita ketahui jika saat ini ada begitu banyak rangkaian produk kecantikan yang ada di pasaran. Terkadang rasa penasaran membuat kita ingin mencoba produk tersebut. Namun, terkadang kita kurang memperhatikan kecocokan antara jenis kulit kita dan produk yang ingin digunakan.

Baca Juga:
Lima Resep Alami Percantik Kulit Hanya Dalam 3 Hari

Jangan langsung tergiur dengan produk baru yang sedang booming diwaktu tertentu. Kenali keadaan kulit kita terlebih dahulu, baik itu kering, berminyak atau normal. Selain itu, hindari pula bahan skincare yang justru dapat menyebabkan alergi pada kulit.

3. Berlebihan dalam Menggunakan Skincare

Kesalahan selanjutnya yaitu menggunakan skincare secara berlebihan. Banyak orang yang mungkin berpikir apabila dosis skincare diperbanyak maka akan lebih cepat terlihat efeknya. Padahal ini merupakan pemikiran yang salah.

seorang ahli dermatologi di University of Arizona, Dr. Vivian Shi. Berikut adalah takaran produk skincare yang direkomendasikan oleh Dr. Shi, sesuai dengan jenis produknya:

Seukuran kacang: face lotion, pelembap wajah (moisturizer), dan krim tangan atau kaki

Seukuran anggur: Sabun muka, toner, masker, dan pelembap badan (body lotion)

Seukuran beras: eye cream dan serum

4. Mengeksfoliasi Kulit Secara Berlebihan

Eksfoliasi kulit berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Namun ternyata akan berdampak tidak baik apabila dilakukan secara berlebihan, apabila untuk eksfoliator jenis scrub.

Oleh karena itu, jangan terlalu berlebihan menggosoknya terutama di bagian wajah. Apabila kita terlalu keras melakukannya maka dapat menyebabkan terlukanya kulit serta pembuluh darah di bawahnya. Tidak hanya itu, eksfoliasi yang berlebihan juga bisa menimbulkan iritasi, kemerahan bahkan parahnya dapat menyebabkan peradangan pada kulit

5. Penggunaan 2 Produk yang Tidak Tepat

Kesalahan terakhir yang sering terjadi dalam penggunaan skincare yaitu menggunakan 2 produk secara tidak tepat. Contohnya saja ketika anda menggunakan serum dengan bahan aktif retinoid dan mengombinasikannya serum vitamin C.

Faktanya kedua bahan tersebut justru dapat mengakibatkan overeksfoliasi, sehingga kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Baca Juga:
Lima Bahan Menjijikkan dalam Kosmetik

Demikianlah informasi mengenai lima kesalahan dalam penggunaan skincare yang sering dilakukan. Oleh karena itu, setelah mengetahui fakta tersebut ada baiknya anda tidak lakukan agar perawatan wajah tersebut tidak sia-sia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here